Karyawan Bank Perlu Disertifikasi

Rabu, 05 November 2014 - 10:05 WIB
Karyawan Bank Perlu Disertifikasi
Karyawan Bank Perlu Disertifikasi
A A A
JAKARTA - Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015terutamabagi sektor perbankan pada tahun 2020, karyawan bank perlu disertifikasi agar memiliki standar yang sama.

Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia (IBI) Zulkifli Zaini mengatakan, sertifikasi berperan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja perbankan. Menurutdia, kualitas perbankan nasional harus meningkat untuk menyambut integrasi perbankan 2020. Saat ini sertifikasi yang sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia (BI) di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan( OJK) itu baru yang berprofesi risk management. Namun, IBI melihat bahwa risk management saja tidak cukup.

”Kita lihat sudah melakukan penelitian, paling tidak ada sembilan profesi perbankan yang dibutuhkan agar sebuah bank berjalan dengan baik,” kata dia dalam acara Ikatan Bankir Indonesia (IBI)yaitu Bankers Career Expo di Jakarta kemarin. Dia menjelaskan, sembilan profesi itu antara lain funding & services, treasury dealer, operation, general banking, wealth management, risk management, compliance, internal audit dan credit .

”Kita sudah sampaikan ke OJK ke depan, mungkin ada beberapa bidang di luar risk management tadi perlu disertifikasi agar memiliki pegawai bank yang standar,” ungkapnya. Hingga 31 Oktober 2014 jumlah pegawai bank terutama sektor risk management yang sudah tesertifikasi oleh IBI dan Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP) adalah 71.120 orang. Jumlah tersebut baru sekitar15% dari jumlah keseluruhan pegawai bank secara nasional yang mencapai 500.000 orang.

Zulkifli menuturkan, setiap tahun ada sekitar 20.000- 25.000 pegawai bank yang akan disertifikasi. Sementara, kebutuhan jumlah pegawai bank yang diperlukan untuk menghadapi MEA pada 2020 adalah sekitar 650.000-700.000 profesional. Ketua Panitia IBI Banker Career Expo Fransiska Oei menambahkan, profesi bankir merupakan jenjang karier yang sangat menjanjikan di Indonesia.

Selain kebutuhan tenaga bankir yang besar karena potensi industri perbankan yang masih luas, industri perbankan juga menawarkan jenjang karier yang beragam karena luasnya spektrum layanan perbankan, dari perbankan mikro hingga corporate banking .

Kunthi fahmar sandy
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3153 seconds (0.1#10.140)