Teras BRI Kapal Siap Layani Pulau Terpencil

Selasa, 11 November 2014 - 10:37 WIB
Teras BRI Kapal Siap Layani Pulau Terpencil
Teras BRI Kapal Siap Layani Pulau Terpencil
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan memulai pembangunan Teras BRI Kapal (Keel Laying/Peletakan Lunas) di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

"Kami menjadi yang pertama mengoperasikan layanan perbankan di atas kapal di Indonesia. Melalui layanan jasa perbankan Teras BRI Kapal ini, kami harapkan dapat menjadi sebuah lompatan besar dalam dunia keuangan khususnya perbankan untuk melayani masyarakat pesisir dan nelayan di pulau-pulau terpencil," kata Corporate Secretary BRI Budi Satria dalam rilisnya, Selasa (11/11/2014).

Dengan menyandang reputasi sebagai microbanking yang telah mengakar di tengah masyarakat Indonesia, BRI senantiasa mengembangkan dan membangun layanannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. BRI memahami benar kultur budaya bangsa yang tersebar di seluruh wilayah kepulauan.

Di sisi lain, BRI juga berusaha memberikan kemudahan, kenyamanan, kecepatan, dan keamanan bagi nasabah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan.

Dengan jaringan unit kerja yang tersebar luas, sebanyak 19 kantor wilayah, 457 kantor cabang, 581 kantor cabang pembantu, 937 kantor kas, 5.228 unit, 2.454 teras kios, 522 teras keliling, 19.512 ATM, 192 CDM, 96.608 EDC tak diragukan BRI siap melayani masyarakat sampai ke pelosok desa dan batas terluar di Indonesia.

Peluncuran Teras BRI Kapal merupakan upaya BRI dalam menyelaraskan bisnisnya dengan perkembangan demografi masyarakat Indonesia yang terdiri dari gugusan pulau–pulau yang tersebar seluruh negeri.

Teras BRI Kapal selanjutnya dapat menjadi salah satu upaya BRI untuk mengedukasi atau melakukan literasi masyarakat kepulauan untuk melek jasa layanan keuangan perbankan .

Teras BRI Kapal adalah layanan keuangan perbankan pertama dan satu-satunya di dunia yang melayani jasa keuangan bank di atas air, yang menyusur pulau-pulau terluar dalam gugusan kepulauan di Indonesia.

Tidak hanya itu, Teras BRI Kapal sebagai moda transportasi laut/sungai yang bersifat mobile juga membawa misi membangun ekonomi ‎masyarakat pesisir .

"Teras BRI tidak hanya bertindak sebagai bank yang beroperasi antar pulau, melainkan juga akan menjadi agen-agen ekonomi yang ikut membangun dan menyejahterakan ekonomi masyarakat pesisir," ungkap budi.

Sementara itu, untuk operasionalisasi Teras BRI Kapal direncanakan berlayar di daerah Kepulauan Seribu yang merupakan wilayah peluncuran operasional Teras BRI Kapal untuk yang pertama dan selanjutnya BRI segera akan meluncurkan Teras BRI kapal di wilayah Ternate, Bau-bau, dan Tanjung Selor.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6031 seconds (0.1#10.140)