DPR: Mustahil Rini Tak Paham soal Calon Dirut Pertamina

Selasa, 11 November 2014 - 13:04 WIB
DPR: Mustahil Rini Tak Paham soal Calon Dirut Pertamina
DPR: Mustahil Rini Tak Paham soal Calon Dirut Pertamina
A A A
JAKARTA - Anggota DPR RI Azman Azam Natawijayana mengatakan, seharusnya Menteri BUMN Rini Soemarno memahami bahwa calon direktur utama (dirut) PT Pertamina sebaiknya dari kalangan internal perseroan.

Dia menegaskan, mustahil Rini tidak memahami soal hal tersebut. Azman pun menyayangkan adanya enam calon dirut Pertamina bukan dari kalangan internal perseroan.

Azman menganggap Rini seolah tidak mengindahkan ketentuan yang menyebutkan bahwa sebaiknya kursi tersebut diisi orang dalam Pertamina.

"Harusnya menteri itu paham soal itu dong. Mustahil kalau dia (Rini Soemarno) enggak paham. Ini kan juga untuk memajukan BUMN. Enggak bisa dong tiba-tiba 'ngajak' orang luar jadi calon," ujarnya saat dihubungi Sindonews di Jakarta, Selasa (11/11/2014).

Menurutnya, orang yang berkarier lama, yang memahami Pertamina akan tersakiti hatinya jika itu sampai terjadi.

Karena, banyak yang berprestasi di dalam internal Pertamina, yang sangat menanti naik jabatan untuk berprestasi seperti Karen Agustiawan.

"Ini kok yang berkarier lama, orang asli Pertamina tapi yang menikmati jabatan tinggi orang luar," kata dia.

Orang internal, lanjut Azman, lebih memahami seluk beluk perusahaan, karena bertahun-tahun berada di dalam perusahaan tersebut. Sehingga, lebih mengetahui baik dan buruknya perusahaan.

"Ibaratnya begini, dirut semen, ya harus orang yang berkecimpung lama di semen. Dirut Kereta Api pun sama. Belajar itu enggak mudah. Memahami bisnis yang baru itu enggak mudah. Dan enggak bisa cepat seperti orang lari," pungkas dia.

(Baca: DPR: Konsultan Pemilihan Dirut Pertamina Harus Independen)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6583 seconds (0.1#10.140)