ICW: Dirut Pertamina Harus Diisi Orang Migas

Rabu, 12 November 2014 - 14:00 WIB
ICW: Dirut Pertamina Harus Diisi Orang Migas
ICW: Dirut Pertamina Harus Diisi Orang Migas
A A A
JAKARTA - Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Mouna Wasef menilai, sebaiknya kursi Direktur Utama PT Pertamina diisi oleh orang profesional di bidangnya.

Nama bekas Direktur Utama PT Telemunikasi Indonesia Rinaldi Firmansyah digadang-gadangkan masuk kandidat terkuat untuk menduduki kursi Direktur Utama PT Pertamina.

"Sebaiknya seleksi itu diisi oleh orang-orang yang bisa menguasai bidangnya," kata dia ketika dihubungi, Rabu (12/11/2014).

Dia berpendapat, dalam seleksi pemilihan dirut perusahaan pelat merah sekaliber Pertamina sebaiknya dilakukan secara transparan. "Sebaiknya dilakukan secara transparan dan terbuka, libatkan saja akademisi, dan sejumlah pihak lainnya," ujarnya.

Diketahui, munculnya nama mantan Direktur Utama PT Telkom Rinaldi Firmansyah sebagai kandidat kuat Dirut Pertamina menuai berbagai kritikan.

Banyak yang beranggapan, Rinaldi merupakan sosok yang kurang paham mengenai sektor minyak dan gas. Apalagi jika melihat rekam jejaknya, jelas Rinaldi bukanlah orang yang paham akan permasalahan bisnis yang ada di sektor migas.

Sehingga, hal tersebut akan sangat berbahaya ketika dirut perusahaan pelat merah sekelas Pertamina memiliki karakter yang politis. Tentu itu akan berdampak negatif bagi perusahaan.

Sebelumnya, Guru Besar Ilmu Ekonomi dari Universitas Indonesia Prof Sri Edi Swasono menyarankan sebaiknya direktur utama PT Pertamina haruslah orang pro terhadap persoalan Blok Mahakam. Salah satunya, mampu mengambil peran pengelola Blok Mahakam oleh Pertamina.

"Kalau dia tidak pro terhadap Mahakam itu ditarik menjadi Pertamina, jangan dipilih," kata Edi.

Menurutnya, Presiden Jokowi harus memilih orang yang tepat untuk memberikan jabatan Dirut Pertamina. Terutama yang benar-benar mampu melakukan nasionalisme Blok Mahakam tersebut.

"Dirut yang baru harus pro dengan Makaham. Harus menasionalisme Mahakam, kalau tidak gombal itu," pungkasnya.

Dari informasi yang diperoleh nama-nama calon Dirut Pertamina dari eksternal yang sedang menjalani fit and proper test di PT DDI adalah Budi Sadikin (Dirut Bank Mandiri), Sunarso (Direksi Bank Mandiri), Zulkifli Zaini (Mantan Dirut Bank Mandiri), Fahmi Muhtar (Mantan Dirut PLN), Dwi Sucipto (Dirut Semen Indonesia), dan Rinaldi Firmansyah (Mantan Dirut Telkom). Kabarnya, calon kuat dalam bursa kandidat tersebut adalah Rinaldi Firmansyah.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6497 seconds (0.1#10.140)