Pembangunan Tol Kayuagung-Jakabaring Siap Dilanjutkan

Rabu, 12 November 2014 - 16:24 WIB
Pembangunan Tol Kayuagung-Jakabaring Siap Dilanjutkan
Pembangunan Tol Kayuagung-Jakabaring Siap Dilanjutkan
A A A
KAYUAGUNG - Pembangunan jalan tol Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)-Jakabaring Palembang, yang sempat mandek, kini sudah ada titik terang untuk kelanjutan pembangunan tol tersebut.

Pemkab OKI menyerahkan proses pembangunan jalan tol tersebut kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bende Seguguk.

Bupati OKI Iskandar mengatakan, saat ini sudah ada investor yang siap membangun jalan tol tersebut. Pihaknya sedang melakukan proses pelimpahan aset
kepada BUMD Bende Seguguk.

"Jadi bukan Pemkab OKI secara langsung yang melakukan kerja sama dengan investor. Tetapi, kita serahkan kepada BUMD Bende Seguguk, nanti tinggal BUMD Bende Seguguk bekerja sama dengan investor untuk pembangunanya," jelasnya, Rabu (12/11/2014).

Saat ini, Pemkab OKI masih menghitung aset yang dimilikinya, berupa tanah yang dibangun tol. Dari panjang tol 37 km jalur tol tersebut, tanahnya milik Pemkab OKI, tetapi di sana ada juga aset pemerintah
Provinsi.

"Setelah kita hitung aset Pemkab OKI jumlahnya berapa banyak, melalui persetujuan DPRD OKI akan kita serahkan ke BUMD Bende Seguguk. Selanjutnya BUMD yang bekerja sama dengan investor melakukan pembangunan," ungkap dia.

Pihaknya menargetkan pada Januari 2015, pembangunan jalan tol tersebut sudah bisa dimulai, karena sudah siap, begitu juga BUMD Bende Seguguk sudah siap menerima pelimpahan aset-aset pemkab OKI yang masuk dalam proyek tol.

"Tinggal penghitungan jumlah aset kita. Setelah diserahkan ke BUMD, kita targetkan Januari investor sudah mulai melakukan pembangunan. Saat ini pembebasan lahan tol selesai semua, bahkan Jalur tol sudah ditimbun," tutur Iskandar.

Kepala Dinas Pekerjaan umum Bina Marga (PUBM) Kabupaten OKI M Hapis mengatakan, terhambatnya pembangunan jalan tol Kayuagung-Jakabaring, karena adanya pergantian investor.

"Pembangunan jalan tol tinggal kesiapan investor saja. Sebelumnya investor dari Malaysia menyatakan siap, ternyata mundur karena terkedala keungan, terpaksa kita cari investor baru," katanya.

Pihaknya sudah bekerja keras untuk proses pembangunan jalan tol Kayuagung-Jakabaring termasuk Kayuagung-Lampung.

"Kita sudah selesaikan proses pembebasan lahan, untuk kita ketahui bahwa jalan tol Kayuagung-Jakabaring di bangun sepanjang 34 km, akan dibangun dalam empat lajur, selain panjang 33 km, lebar 50 meter," jelasnya.

Selain itu, juga akan dibangun pintu tol di Simpang Susun (SS) SP Padang STA 13-300, SS Jejawi STA 23 + 950 dan SS Jakabaring STA 35 + 300 dan barier gate di Kayuagung.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6036 seconds (0.1#10.140)