Tekan Konsumsi BBM, RI Perlu Aturan Standard Fuel Efficiency

Jum'at, 14 November 2014 - 16:19 WIB
Tekan Konsumsi BBM,...
Tekan Konsumsi BBM, RI Perlu Aturan Standard Fuel Efficiency
A A A
JAKARTA - Indonesia perlu membuat aturan mengenai standard fuel efficiency untuk menekan angka konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Head of Transport and Noise Division Badan Kerjasama Pembangunan Jerman (GIZ) Axel Friedrich mengatakan, ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam mengatasi masalah BBM ke depan.

"Dengan cara fuel efisiensi, membuat regulasi di Indonesia, sehingga kendaraan di Indonesia standar fuel efficiency atau standar penggunanan bahan bakarnya berapa," ujar dia di Hotel Aryaduta, Jumat (14/11/2014).

Menurutnya, pengaturan mengenai standard fuel efficiency tersebut juga dapat dilakukan dengan melakukan harmonisasi di lingkungan ASEAN.

"Kalau hanya Indonesia terlalu sulit, karena pasarnya sudah relatif terbuka. Sejalan dengan ASEAN Economic Community (AEC) 2015, maka bisa membuat harmonisasi tentang standar kendaraan bermotor dalam konteks standard fuel consumptionnya," jelas dia.

Axel mengatakan, efisiensi penggunaan bahan bakar merupakan sesuatu yang sangat mendasar.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengadopsi kendaraan yang rendah emisinya, untuk lebih sedikit menggunakan bahan bakar.

"Jadi nantinya akan sama standarnya dengan yang di Eropa. Tidak seperti sekarang, yang dijual di Eropa lebih bersih dan yang dijual di Indonesia lebih kotor," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5453 seconds (0.1#10.140)