Sewa Mobil Rental di Bandung Tidak Naik

Kamis, 20 November 2014 - 19:09 WIB
Sewa Mobil Rental di Bandung Tidak Naik
Sewa Mobil Rental di Bandung Tidak Naik
A A A
BANDUNG - Pelaku usaha jasa rental mobil di Bandung mengambil sikap yang berbeda dengan pelaku usaha jasa transportasi lain. Di saat tarif jasa transportasi lain mengalami kenaikan sebagai dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, sewa rental mobil justru sebaliknya.

Ketua Asosiasi Pengusaha Armada Rental (ASPAR) Bandung Sulaiman Zuhri mengatakan, sektor usahanya memang terkena dampak langsung kenaikan harga BBM bersubsidi. Tetapi, menurutnya, menaikkan tarif bukan satu-satunya jalan agar bisa bertahan dan mengembangkan usahanya.

"Terlalu berisiko kalau kami menaikkan tarif. Karena daya beli masyarakat sedang turun akibat kenaikan harga BBM bersubsidi. Kami akan melakukan efisiensi agar bisa tetap bertahan dan dan meningkatkan kinerja bisnis," ujarnya kepada wartawan, Kamis (20/11/2014).

Menurutnya, risiko yang paling mungkin dengan tidak menaikkan tarif sewa sangat memungkinkan penurunan omzet. Tetapi melihat pengalaman terdahulu, dampak kenaikan harga BBM baru akan sangat terasa beberapa bulan pasca kenaikannya.

"Kenaikan harga BBM ini akan menimbulkan efek domino terhadap kenaikan harga lain-lainnya seperti harga kendaraan dan kenaikan harga spare part. Hingga saat ini belum kelihatan omzet meningkat atau menurunnya. Kita lihat saja sekitar dua bulan ke depan, biasanya baru akan terasa," tuturnya.

Dia menyebutkan, mobil sewa yang saat ini banyak diminati pasar adalah mobil MPV dengan transmisi matic. Tarif sewa jenis mobil keluarga MPV seperti Avanza dan Xenia di Bandung rata-rata Rp300.000 per hari, sedangkan tarif mobil Kijang Innova Rp425.000 per hari.

Seperti diketahui, pemerintah mengeluarkan kebijakan menaikkan harga BBM bersubsidi dari Rp6.500/liter menjadi Rp8.500/liter untuk jenis premium dan dari Rp5.500/liter menjadi Rp7.500/liter untuk jenis solar.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8972 seconds (0.1#10.140)