Modernisasi Pembayaran, BI Reformasi Tiga Area

Jum'at, 21 November 2014 - 11:55 WIB
Modernisasi Pembayaran, BI Reformasi Tiga Area
Modernisasi Pembayaran, BI Reformasi Tiga Area
A A A
JAKARTA - Untuk modernisasi sistem pembayaran, Bank Indonesia (BI) akan melakukan reformasi pada tiga area.

Ketiga area itu, yaitu perluasan elektronifikasi pembayaran, pembangunan infrastruktur sistem pembayaran, serta penguatan pengaturan dan pengawasan sistem pembayaran.

Sementara itu, dalam pengelolaan uang tunai, Bank Indonesia tetap berkomitmen menyediakan uang rupiah yang berkualitas tinggi untuk seluruh denominasi di seluruh pelosok negeri dengan membangun sistem pengelolaan uang yang efektif dan efisien.

"Untuk itu, Bank Indonesia akan mengembangkan sentralisasi jaringan distribusi kas (cash distribution network), serta meningkatkan efisiensi rantai kegiatan percetakan dan pengedaran uang," kata Gubernur BI Agus Martowardjojo saat Bankers Dinner 2014 di Jakarta, Kamis (20/11/2014) malam.

Di samping itu, Bank Indonesia memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat mencapai 5,1%-5,5% pada 2014 dan 5,4%–5,8% pada 2015, dengan defisit neraca transaksi berjalan yang membaik. Dengan prognosa tersebut, dia memerkirakan kurs nilai tukar secara riil akan cukup stabil.

Sementara itu, sejalan dengan ekspansi perekonomian yang lebih berimbang, laju pertumbuhan kredit diperkirakan dapat mencapai 1%-17% pada tahun depan dan dana pihak ketiga sebesar 14%-16%.

Untuk memastikan bahwa berbagai program reformasi struktural penopang pertumbuhan ekonomi dapat berjalan dalam suatu lingkungan ekonomi makro yang stabil, Bank Indonesia akan secara konsisten mengupayakan agar laju inflasi dan ekspektasinya terjangkar pada kisaran sasaran jangka menengah sebesar 4±1%.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4637 seconds (0.1#10.140)