Sumber Informasi Pasar Obligasi Minim

Jum'at, 21 November 2014 - 13:36 WIB
Sumber Informasi Pasar Obligasi Minim
Sumber Informasi Pasar Obligasi Minim
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, sumber informasi untuk pasar obligasi masih sangat minim.

Padahal, informasi yang berkaitan dengan obligasi sangat penting. Mengingat obligasi bisa menjadi salah satu sumber alternatif pembiayaan.

"Instrumen obligasi secara perlahan pasti jadi alternatif ke ekonomi kita. Untuk mengejar pertumbuhan ekonomi yang tinggi membutuhkan sumber pendanaan. Karena itu dibutuhkan informasi berkaitan dengan pasar obligasi, ini penting," ujar Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Menurutnya, perlakuan pasar obligasi berbeda dengan pasar uang atau valuta asing (valas) yang bisa memanfaatkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) sebagai sumber informasi.

Kemudian pasar modal untuk instrumen saham PT Bursa Efek Indonesia (BEI) secara masif memberikan berbagai infomasi indeks saham untuk pelaku pasar.

Muliaman pun menekankan, dengan adanya INDObex ini diharapkan dapat memberikan informasi dan referensi terhadap perkembangan pasar obligasi tanah air. INDObex diharapkan juga untuk mengantisipasi risiko di sektor keuangan.

"Kita cermati kejadian penting, sentimen domestik dan global, BBM, peningkatan suku bunga acuan BI, resesi Jepang, dan kebijakan suku bunga The Fed," tutur dia.

Selain itu. perkembangan teknologi informasi, perkembangan dalam hitungan detik, industri keuangan bagian integral ekonomi Indonesia. Semuanya itu tidak menutup kemungkinan akan terkena imbas pekembangan tersebut.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9818 seconds (0.1#10.140)