Kanwil DJP Wajib Pajak Besar Sosialisasi Pajak

Sabtu, 22 November 2014 - 13:24 WIB
Kanwil DJP Wajib Pajak Besar Sosialisasi Pajak
Kanwil DJP Wajib Pajak Besar Sosialisasi Pajak
A A A
JAKARTA - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Wajib Pajak Besar menyelenggarakan serangkaian kegiatan sosialisasi pajak untuk mahasiswa.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu berupa seminar dan lomba perpajakan bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. “Tujuan kita untuk menyosialisasikan tentang perpajakan, yang kedua untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa ini mengetahui pajak, karena sebagian perguruan tinggi ini sudah memasukkan perpajakan dalam kurikulum,” ujar Kepala Seksi Bimbingan Pelayanan Kanwil DJP WP Besar Andjar Susanto di Jakarta kemarin.

Andjar mengatakan, kegiatan itu dilakukan Kamis (20/11)- Jumat (21/11) dengan rangkaian seminar dilanjutkan babak penyisihan yang diikuti 28 tim, kemudian lomba cerdas cermat yang diikuti 8 tim dan pada tahapan terakhir adalah presentasi yang diikuti 4 tim. Menurut Andjar kegiatan serupa telah dilakukan sejak tahun lalu, meski dengan format berbeda.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi untuk calon wajib pajak rutin dilakukan meski dengan mekanisme yang berbedabeda tiap tahunnya. “Peserta kita ada yang diundang dan ada yang mendaftar, kita publikasi via media sosial, karena anakanak muda familier dengan media sosial,” tambahnya.

Kegiatan sosialisasi ini penting untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pajak. Sebelumnya DJP Kanwil Pajak Besar telah melakukan kegiatan sosialisasi bagi anak-anak setingkat SMA. Sementara itu, mahasiswa jurusan perpajakan Universitas Brawijaya Deden Kustiawan Setiabudi beserta teman-teman satu timnya datang jauhjauh dari Malang untuk mengikuti lomba tersebut dengan inisiatif sendiri.

Bagi dia, lomba yang digelar Kanwil DJP WP Besar di Universitas Kristen Krida Wacana tersebut berbeda dibanding lomba-lomba perpajakan lain. “Lebih menantang ya, soalnya ada presentasi juga, biasanya kan lomba cerdas cermat langsung,” katanya dalam kesempatan yang sama.

Dia mengaku telah mengikuti beberapa kali lomba serupa dan pernah menyabet juara ketiga.Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara dari Universitas Kristen Krida Wacana Johanes Hermawan mengatakan kegiatan yang digelar bekerja sama dengan Kanwil DJP Pajak Besar itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa seperti dirinya. Ia mengaku belajar berorganisasi dan menjalin relasirelasi baru dengan kerja sama tersebut.

“Ini baru sekali ya, seru bisa belajar bikin event, mendapat pengalaman baru, menjalin relasi, suatu kehormatan bisa bekerja sama dengan kanwil pajak,” ujar mahasiswa berusia 21 tahun itu. Johanes mengatakan antusiasme mahasiswa untuk mengikuti kegiatan itu pun cukup tinggi. Terbukti, peminat acara seminar membludak dari 386 kursi yang disiapkan menjadi 443 peserta.

Ria martati
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8114 seconds (0.1#10.140)