BI Kembangkan Program Wirausaha

Minggu, 23 November 2014 - 22:21 WIB
BI Kembangkan Program Wirausaha
BI Kembangkan Program Wirausaha
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) terus mengembangkan program wirausaha yang bertujuan meningkatkan jumlah wirausaha di sektor agribisnis, serta berorientasi ekspor dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan struktur neraca perdagangan.

Langkah ini merupakan kelanjutkan dari program sebelumnya, di mana sejak 2012 BI telah menginisiasi program wirausaha melalui pilot project program penciptaan wirausaha baru.

Selain itu, program tersebut sejalan dengan komitmen negara G20 dalam mengatasi pengangguran dan underemployment terutama di kalangan usia muda.

Deputi Gubernur BI, Halim Alamsyah mengatakan, program ini merupakan langkah konkret BI untuk mendorong peranan wirausaha dalam perekonomian sebagaimana telah dicanangkan Presiden RI pada 2011 tentang Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) bersama 13 Kementerian.

"Sejak tahun 2012 telah menginisiasi program kewirausahaan di delapan kantor perwakilan Bank Indonesia dengan target mahasiswa, eks TKI, dan masyarakat umum dengan berbagai bidang usaha," ujarnya dalam acara pembukaan Entrepreneurship Strategic Policy Forum di Jakarta, akhir pekan ini.

Program tersebut kemudian diikuti pendampingan yang berkelanjutan pada 2013 melalui serangkaian pelatihan, magang dan promosi.

Kemudian pada 2014 program diperluas dengan mengikutsertakan 24 Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh Indonesia, dengan target pada wirausaha sektor agribisnis dan atau berorientasi ekspor dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan perbaikan struktur neraca perdagangan.

Menurutnya, dalam rangka lebih mengefektifkan dan mengembangkan gerakan kewirausahaan serta meningkatkan koordinasi penumbuhkembangan wirausaha baru di Indonesia, perlu dirumuskan suatu kebijakan yang lebih makro untuk mendorong tumbuhnya iklim wirausaha yang kondusif sebagai suatu ekosistem wirausaha.

Halim mengungkapkan, ekosistem wirausaha dapat dipandang sebagai suatu upaya mendorong penumbuhkembangan wirausaha. Sehingga, dapat menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di daerah yang pada akhirnya dapat berperan dalam pertumbuhan ekonomi secara nasional.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5509 seconds (0.1#10.140)