Bank DKI Targetkan Raih Buku 3

Kamis, 27 November 2014 - 12:26 WIB
Bank DKI Targetkan Raih Buku 3
Bank DKI Targetkan Raih Buku 3
A A A
JAKARTA - Bank DKI Jakarta menargetkan masuk kategori bank umum kelompok usaha (BUKU) 3 dengan pengajuan penambahan modal hingga Rp5 triliun pada 2015.

Direktur Operasional Bank DKI Martono Soeprapto mengatakan, untuk mendapatkan kategori Buku 3, Bank DKI membutuhkan penambahan modal Rp530 triliun. Pihaknya pun telah mengajukan modal melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). “Kami yakin modal bertambah hingga Rp5 triliun tahun depan karena telah diajukan penambahan modal Rp1,5 triliun sampai Rp3 triliun melalui APBD DKI Jakarta,” katanya di Jakarta kemarin.

Martono berharap, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pemegang saham Bank DKI Jakarta dapat memberikan suntikan dana segar untuk memperoleh status Buku 3. Selain itu, pihaknya memastikan Bank DKI tidak akan menerbitkan obligasi untuk menambah modal tahun depan karena perseroan tidak memiliki cukup dana untuk penerbitan obligasi dan adanya kepastian penambahan dana dari pemegang saham.

“Untuk loan to deposit ratio atau LDR kami cukup tinggi hingga 90%, berarti tidak ada uang tersisa untuk dikreditkan. Sementara sisa 10% akan digunakan untuk memenuhi dana wajib minimum,” paparnya.

Mengenai penambahan kantor pada 2015, kata dia, Bank DKI akan membuka 50-60 kantor cabang untuk meningkatkan jumlah dana pihak ketiga guna pengelolaan penyaluran kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). “Kita akan fokus menyalurkan kredit untuk membiayai usaha UMKM di masyarakat,” tambahnya.

Hatim varabi/ant
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7401 seconds (0.1#10.140)