Tren HunianTropis Minimalis

Rabu, 03 Desember 2014 - 11:03 WIB
Tren HunianTropis Minimalis
Tren HunianTropis Minimalis
A A A
Rumah dengan konsep desain tropis memang tengah booming belakangan ini karena sangat cocok diterapkan di Indonesia. Konsep hunian tropis dicirikan dengan desain hunian yang memiliki selasar yang cukup lebar, beratap miring, setiap ruangan memiliki bukaan memadai agar dapat memperoleh cahaya matahari serta sirkulasi udara yang baik.

Sesuai iklim di Indonesia yang tropis, rumah yang cocok adalah rumah dengan desain tropis minimalis. Itu karena pada iklim tropis terdapat dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Sebagaimana kita ketahui pada musim kemarau, terik matahari menjadikan udara begitu panas pada siang hari, dan ketika musim hujan tiba, udara menjadi dingin dan lembap.

Rumah yang dirancang sesuai dengan iklim tropis supaya penghuni rumah tetap merasa nyaman dalam menghadapi perubahan udara. Oleh sebab itu, desain rumah tropis minimalis dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki unsur-unsur rumah yang mampu mengendalikan suhu udara di dalam rumah. Salah satu kluster terbaru yang menganut gaya ini adalah Kluster Nebraska Kota Wisata Cibubur besutan Sinar Mas Land.

Kluster yang baru diluncurkan pada November 2014 lalu ini dibangun di atas lahan seluas 4,8 hektare. Nebraska menjawab kebutuhan hunian masyarakat akan hunian yang nyaman, aman, dan asri dengan fasilitas yang lengkap, serta ditunjang dengan lokasi yang strategis dan kemudahan akses.

Kluster Nebraska dikembangkan dengan konsep tropis minimalis yang kental dengan desain hunian di Amerika nan impresif. Salah satu keunggulan dari desain tersebut adalah modifikasi layoutrumah sehingga memberikan banyak ruang yang menyesuaikan luas bangunan.

Contohnya dengan luas bangunan 94 meter persegi, konsumen sudah bisa mendapatkan rumah yang ideal dengan tiga kamar tidur. Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land, mengutarakan, kluster ini menawarkan total 197 unit yang akan dipasarkan secara bertahap. Untuk tahap perdana, 88 unit dengan harga mulai Rp1,1 miliar.

Selain desain menarik, lokasi strategis, dan kemudahan akses, Nebraska sebagai kawasan hunian dilengkapi juga dengan fasilitas lengkap sebagai penunjang kualitas kehidupan para penghuninya. Nebraska dilengkapi fasilitas mini theme park atau taman hijau nan asri yang dilengkapi balai warga, area bermain anak, jogging track dengan sistem keamanan one gate system.

Para penghuni juga dapat menikmati fasilitas feeder busway, Bus Intra, yang tersedia di dalam kawasan Kota Wisata dengan tujuan kluster-kluster maupun sentra bisnis sebagai penunjang akses transportasi. Ketersediaan mini bus dengan rute Kota Wisata Bandara Soekarno Hatta begitu juga sebaliknya, juga semakin mempermudah mobilisasi para penghuni kluster dalam bepergian ke luar kota atau ke luar negeri.

Ishak menuturkan, Sinar Mas Land berupaya memberi solusi hunian yang tepat bagi masyarakat dengan meluncurkan Nebraska sebagai kluster terbaru yang memiliki beragam keunggulan. Sementara itu, setelah sukses dengan Vasana pada semester pertama 2014, Damai Putra Group mempersembahkan Kluster Neo Vasana di perumahan Kota Harapan Indah, Bekasi.

Lanjutan dari kluster Vasana ini mulai dipasarkan pertengahan November 2014 di Kota Harapan Indah sektor IX dengan masih mengusung konsep modern tropis yang memperhatikan unsur kenyamanan, privasi, dan pemandangan yang menarik bagi penghuni rumah. Kenyamanan ini meliputi unsur sirkulasi penghuni, menciptakan ventilasi udara silang, pencahayaan alami, dan visual serta penggunaan bahan material yang baik.

Wujud desain tampak rumah yang simpel dengan memperhatikan proporsi dan komposisi warna-warna dan bahan natural. Pemakaian dinding batu alam yang dipadukan dengan permainan bidang transparan sehingga tampil dinamis dan mempercantik tampak depan rumah.

Pemakaian material bangunan dipilih bahan efisien mudah dikerjakan, praktis pemasangan, ringan tetapi kokoh dan tahan cuaca, dalam hal ini yaitu pemakaian beton, kusen alumunium, dan kaca. Tata ruang dibuat untuk mewujudkan ruang dalam yang lapang, efisien dan berorientasi ke arah luar tanpa mengganggu privasi penghuni rumah.

Hal ini diwujudkan pada penataan ruang yang mengalir antara ruang tidur anak, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dan area tangga tanpa sekat dengan dinding solid sehingga akan memberikan kesan lapang dan suasana ruang yang berbeda.

“Kluster ini dibangun di lingkungan yang hijau dan asri, dipadu dengan sistem keamanan 24 jam di dalam area kluster tertutup, memberikan rasa aman dan nyaman. Karena itu, privasi bagi setiap penghuninya tetap terjaga,” sebut Marketing Communication PT Hasana Damai Putra Tasya Manuputty.

Melalui BSD City, Sinar Mas Land juga memasarkan kluster teranyar dari kawasan hunian eksklusif Greenwich Park, yakni Kluster Hylands. Demi menjawab kebutuhan akan hunian terbaik, kluster Hylands dikembangkan dengan mengangkat konsep gaya modern shabby chic house. Konsep ini merupakan paduan arsitektur modern yang kental akan nuansa rumah peristirahatan Eropa.

Suasana hijau dan asri kerap hadir dalam kawasan melalui keberadaan taman kluster yang dilengkapi dengan gazebo serta kolam air mancur yang eksotis. Bahkan, kluster ini juga sangat terkesan eksklusif dengan ditegaskannya fasadbangunan yang didesain menarik dengan detail elemen bergaya Eropa.

Termasuk penggunaan batu bata yang diekspose sebagai elemen estetika yang mampu memberikan sentuhan natural nan unik sehingga menghadirkan elemen dekoratif yang tak lekang oleh waktu.

Rendra hanggara/Rehdian khartika
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7289 seconds (0.1#10.140)