Desain Minimalis Masih Jadi Andalan

Rabu, 10 Desember 2014 - 16:31 WIB
Desain Minimalis Masih Jadi Andalan
Desain Minimalis Masih Jadi Andalan
A A A
SAAT ini desain rumah yang paling diminati adalah interior rumah mewah modern yang hadir pada rumah minimalis.

Rumah gaya ini menjadi solusi bagi Anda yang mempunyai anggaran yang tidak terlalu besar dan lahan hunian yang tidak terlalu luas Perkembangan desain rumah selalu berkembang dari waktu ke waktu dan selalu membawa inovasi baik tema desain, model desain rumah yang up date mengikuti kebutuhan rumah yang semakin modern.

Termasuk dalam menciptakan desain interior rumah mewah yang semakin berkembang dan inovatif, salah satunya adalah interior rumah minimalis tapi mempunyai kesan mewah. Untuk menciptakan hal tersebut membutuhkan ketelitian dalam pemilihan perabot rumah, pewarnaan cat rumah dan tata letak ruangan. Konsep minimalis pada dasarnya sudah menjadi tren di Indonesia sejak setidaknya lebih dari 10 tahun terakhir, konsep rumah minimalis telah berkembang pesat semenjak tahun 2000-an.

Seiring dengan semakin sedikitnya lahan yang tersedia untuk hunian, maka semakin berkembang pula konsep minimalis di dunia properti Indonesia. Pada awal perkenalannya, rumah minimalis kerap identik dengan tampilan rumah yang menjunjung tinggi dengan konsep simplicity (atau kesederhanaan) dalam warna monochrome.

Tapi satu hal yang menggembirakan, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, rumah minimalis hadir dalam desain dan warna yang lebih kuat dan tegas. Tidak hanya menjadi lebih kuat dan tegas, setiap tahun tren rumah dan desain properti selalu berubah dan bergerak dengan dinamisnya. Dunia desain apapun, bukan hanya dalam bidang desain rumah, yang kita kenal memang seperti ini adanya, tidak lepas dari segala ketidakpastian dan kemungkinan.

Untuk tahuntahun kemarin, mungkin Anda bisa menemukan kekuatan sentuhan etnis, warna-warna shockingdan struktur yang terkesan kokoh untuk desain rumah minimalis. Namun kali ini, tren mengarah pada warna yang lebih cerah sekaligus lembut yang akan lebih menarik bagi pasar interior.

Warna-warna lembut macam pastel, kuning cerah, warnadust memberi kesan yang lebih natural, nyaman dan menenangkan. Anda masih bisa menggunakan unsur vintage namun dalam desain yang lebih lembut. Kayu jati putih yang lebih terkesan lembut jauh diminati ketimbang kayu jati konvensional yang terkesan terlalu berat.

Desain keseluruhan juga cenderung menggunakan lekukan dan kurvakurva, jauh dari kesan tegas dan kaku. Selama ini rumah minimalis yang Anda kenal sering muncul dengan kesan yang kaku, dalam garis-garis dekoratif yang tegas dan kuat. Tapi sekarang, justru desain akan mengarah pada konsep yang natural dengan minimalisir unsur metal yang terkesan terlalu futuristic.

Yang sangat menarik, muncul pula tren penggunaan recycle woods untuk bahan pembuatan rak dan lemari custom. Ini merupakan langkah yang baik bagi usaha perlindungan lingkungan dengan tetap menggunakan kayu pada rumah tanpa menambah penebangan hutan. Masih berkaitan dengan tema natural, rumah minimalis tahuntahun ini diprediksi semakin menekankan koneksi yang bebas antara rumah sisi dalam dengan eksterior.

Rendra hanggara
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5598 seconds (0.1#10.140)