Pelabuhan Cilamaya Tersandung Amdal

Kamis, 11 Desember 2014 - 14:12 WIB
Pelabuhan Cilamaya Tersandung Amdal
Pelabuhan Cilamaya Tersandung Amdal
A A A
JAKARTA - Rencana pembangunan Pelabuhan Cilamaya masih terbentur persoalan analisis dampak lingkungan (Amdal).

Deputi I Bidang Tata Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup Imam Hendargo mengungkapkan, izin Amdal untuk pembangunan Pelabuhan Cilamaya sulit diterbitkan, lantaran adanya banyak permasalahan terkait lingkungan, sosial, dan ekonomi.

"Untuk kajian (bidang ekonomi) Amdal Cilamaya ini, kami juga sudah meminta fatwa kepada Kementerian Koordinator Perekonomian, sejak 23 Desember 2013. Tapi sampai sekarang belum ada surat jawaban," ujar dia dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (11/12/2014).

Menurutnya, fatwa Kemenko Perekonomian dinilai penting, karena proyek Pelabuhan Cilamaya dipastikan bakal mengganggu sejumlah proyek strategis nasional lainnya, yang selama ini sudah berjalan.

Aset strategis yang bakal terganggu pembangunan Pelabuhan Cilamaya itu, di antaranya proyek perluasan Pelabuhan Tanjung Priok yang sedang berjalan, dan eksplorasi migas yang juga sudah berjalan sejak lama.

Pihaknya mendukung sikap Menko Perekonomian era Presiden SBY yang sempat membatalkan proyek Pelabuhan Cilamaya.

"Ada tumpang tindih dengan Pelabuhan Tanjung Priok dan migas. Sehingga kami tidak bisa memerikan izin Amdal. Ditambah dalam kajian sosial dan lingkungan juga tidak terpenuhi. Jadi sangat tepat kalau dibatalkan," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5519 seconds (0.1#10.140)