Indroyono: Kapal Asing Pencuri Ikan Dari Mana-mana

Kamis, 11 Desember 2014 - 21:47 WIB
Indroyono: Kapal Asing...
Indroyono: Kapal Asing Pencuri Ikan Dari Mana-mana
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Indroyono Soesilo mengungkapkan, kapal yang mencuri ikan di perairan Indonesia bukan dari satu negara.

"Banyak kok itu, ada beberapa negara," ujar Indroyono Soesilo di Kantornya, Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (11/12/2014).

Untuk jumlahnya, kata dia, sedang dihitung. "Kapalnya dari mana-mana kok itu. Angkanya sedang kita hitung terus," tuturnya.

Kendati demikian, dia belum bisa membeberkan kapal dari negara mana yang paling banyak melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia.

"Tapi satu hal ya, ini kriminal. Ini kan kegiatan kriminal, kalau masuk perairan Indonesia berarti ini melanggar kedaulatan. Tahu kan aturannya kalau melanggar kedaulatan?" ungkapnya.

Dia mengatakan, beberapa kapal dari Tiongkok yang kedapatan mencuri ikan di perairan Indonesia, terus dipantau. "Sudah dipantau kan ya, sudah dikerahkan Angkatan Laut untuk mendekati dan mengambil tindakan. Tapi yang jelas, baru dipantau dari udara," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun sudah melaporkan tindakan kriminal beberapa kapal dari Tiongkok kepada Duta besar Tiongkok di Jakarta.

"Bahwasanya ditemukan beberapa kapal seperti ini dan mengajak untuk bersama-sana menangani illegal fishing ini," ucapnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0642 seconds (0.1#10.140)