OJK Dorong IFSB Tingkatkan Inklusi Keuangan

Jum'at, 12 Desember 2014 - 09:51 WIB
OJK Dorong IFSB Tingkatkan Inklusi Keuangan
OJK Dorong IFSB Tingkatkan Inklusi Keuangan
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Ko misioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad meminta agar programprogram yang dikeluarkan Islamic Financial Services Board (IFSB) dikaitkan dengan inisiatif untuk meningkatkan akses keuangan masyarakat.

“Akses masyarakat ke sektor jasa keuangan masih minim. Untuk itu, diperlukan inisiatif IFSB agar mengarahkan programnya untuk tujuan memperluas akses keuangan ini,” kata Muliaman dalam keterangan tertulisnya kemarin. Muliaman hadir dalam pertemuan ke-25 Anggota IFSB di Gedung Bank Negara Malaysia di Kuala Lumpur, kemarin.

OJK hadir bersama Bank Indonesia dalam pertemuan rutin anggota IFSB tersebut yang dilanjutkan dengan Forum Stabilitas Keuangan Syariah IFSB Ke-10. Menurut dia, inisiatif dalam kerangka inklusi keuangan itu penting untuk membantu upaya pengurangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Muliaman juga menyarankan agar IFSB memperhatikan perkembangan sektor keuangan syariah selain perbankan, seperti pasar modal syariah dan industri keuangan nonbank syariah yang perkembangannya penting dalam mendorong pertumbuhan industri keuangan syariah secara umum.

Sekretaris Jenderal IFSB Jaseem Ahmed dalam kesempatan itu menyampaikan persetujuannya terhadap usulan OJK untuk pengembangan inklusi keuangan dalam program-program IFSB. Pada pertemuan itu, OJK juga menyampaikan pengajuan pendaftaran Bank Muamalat Indonesia untuk menjadi anggota observer dalam IFSB.

IFSB juga menjadwalkan sejumlah kegiatanpada2015sepertiseminar keuangan syariah dan Forum Stabilitas Keuangan Syariah Ke- 11 di Indonesia pada April.

Hatim varabi
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5348 seconds (0.1#10.140)