Rupiah Diklaim Lebih Baik dari Mata Uang Lain

Selasa, 16 Desember 2014 - 15:43 WIB
Rupiah Diklaim Lebih Baik dari Mata Uang Lain
Rupiah Diklaim Lebih Baik dari Mata Uang Lain
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengklaim bahwa depresiasi nilai tukar rupiah terhadap USD masih lebih baik dibanding mata uang lainnya, yaitu sekitar 4,5%.

Dia mengatakan, mata uang Jepang, Yen depresiasinya hampir 15%. Sementara Ringgit Malaysia dan Bath Thailand terdepresiasi sekitar 6%.

"Singapura memang depresiasi lebih rendah daripada kita. Overall seluruh mata uang di Asia, di Latin Amerika, bahkan mata uang Rusia hari ini mengalami depresiasi luar biasa," ujarnya di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Kondisi ini terjadi lantaran ekspektasi dari apa yang akan terjadi di Amerika Serikat (AS) memengaruhi negara seperti Indonesia.

"Dan semua ini adalah faktor di luar kontrol kita yaitu kebijakan atau ekspektasi atau spekulasi apa yang akan terjadi di AS," jelas dia.

Sementara kondisi internal Indonesia, lanjut Sofyan, justru memperlihatkan perbaikan yang cukup bagus.

Menurutnya, kondisi politik yang baik, popularitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sangat tinggi, serta tim dalam Kabinet Kerja yang sangat menjunjung tinggi slogan kerja, kerja, kerja yang menjadi penyumbangnya.

"Upaya-upaya yang dilakukan untuk memudahkan investasi, tadi saya dilapori Franky (Kepala BKPM), Januari kita bisa one stop service. Dengan demikian arus investasi, easy of doing business kita lakukan," ujarnya.

Selain itu, dari sisi fiskal ada realokasi subsidi dari non produktif ke produktif. Ditambah melemahnya harga minyak dunia. "Semua itu akan menyebabkan kita dalam better position domestik. Tapi rupiah ini ada faktor eksternal," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7791 seconds (0.1#10.140)