NTT Target Populasi Sapi 1 Juta Ekor

Rabu, 17 Desember 2014 - 10:40 WIB
NTT Target Populasi Sapi 1 Juta Ekor
NTT Target Populasi Sapi 1 Juta Ekor
A A A
KUPANG - Nusa Tenggara Timur (NTT) terkenal dengan peternakan sapinya yang memiliki kualitas sangat baik, sehingga selalu dikirim ke beberapa daerah di Indonesia. Pada 2018, NTT menargetkan populasi sapinya sebanyak 1 juta ekor.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi Pertanian Kupang, NTT Amirudin Pohan yang mengungkapkan bahwa karena terkenalnya sapi NTT, Menteri Pertanian berjanji jika berkunjung ke Kupang dan wilayah NTT lain akan meninjau peternakan sapinya.

"Iya, saking bagusnya sapi kita, menteri kalau ke sini mau lihat peternakan sapi. Itu janjinya Menteri Pertanian sama kita," ungkap Amir kepada Sindonews di Kupang, NTT Rabu (17/12/2014).

Amir menjelaskan, penyebaran penjualan sapi berkualitas dari NTT ke wilayah Indonesia dalam satu tahun mencapai 50.000-60.000 ribu ekor.

Adapun daerah penyebaran sapi tersebut, meliputi Jakarta, Sulawesi, Lampung, dan Surabaya serta beberapa di daerah timur Indonesia.

"Tapi yang paling banyak kita suplai itu ke daerah Jawa karena di sana biasanya kekurangan daging sapi apalagi kalau menjelang hari raya," ujar Amir.

Saat ini, untuk populasi sapi NTT ke sejumlah wilayah mencapai 800 ribu ekor sepanjang tahun ini. Sedangkan untuk target populasi pada 4 tahun mendatang mencapai 1 juta ekor.

"Itu target nanti beberapa tahun lagi, tepatnya pada 2018 dari Gubernur NTT," tandas Amir.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3351 seconds (0.1#10.140)