Bisnis Harus Memiliki Makna

Sabtu, 20 Desember 2014 - 19:44 WIB
Bisnis Harus Memiliki Makna
Bisnis Harus Memiliki Makna
A A A
DALAM menjalankan bisnis, selain berorientasi pada materi atau uang juga harus mengandung makna di dalamnya.

Pendiri PT YOT (Young on Top) Nusantara Billy Boen memaparkan makna ini yang dapat dijadikan pedoman dalam menjalankan bisnis dan tidak mudah menyerah ketika mengalami kegagalan.

"Bisnis yang hanya memikirkan menghasilkan uang forget it. Kalau tidak mempunyai makna yang positif, ingin hasil langsung banyak, tetapi ketika sedang down akan cenderung give up," ujarnya, dalam seminar Entrepreneur Forum Discussion Sindo Weekly di Plaza Bapindo, Jakarta, Sabtu (20/12/2014).

Billy menuturkan, jika bisnis yang dimiliki sudah mempunyai makna yang kuat maka saat menemui masa sulit akan bisa diselesaikan.

"Kalau punya makna ketika pas bisnis sedang susah, kita bisa tanya ke diri sendiri. Harus segera cari jalan keluar dan tidak menyerah karena yang kita lakukan bisa membantu banyak orang, karyawan maupun konsumen. Purpose ini bisa bikin kita jalan lagi," terangnya.

Dia menjelaskan, makna tersebut harus berguna bagi masyarakat luas. "Contohnya adalah Google, ingin membuat seluruh informasi bisa diakses semua selama ada internet. Maknanya mulia agar semua orang bisa mendapatkan informasi di seluruh dunia," ujarnya.

"Semakin banyak jasa kita yang dibutuhkan, otomatis makin besar dan jangan lupakan purpose-nya," tandas Billy.

(Baca: Dalam Bisnis Jangan Copy Paste)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3758 seconds (0.1#10.140)