Kertas Leces Transformasi Bisnis ke Kertas Berharga

Rabu, 24 Desember 2014 - 14:14 WIB
Kertas Leces Transformasi Bisnis ke Kertas Berharga
Kertas Leces Transformasi Bisnis ke Kertas Berharga
A A A
JAKARTA - PT Kertas Leces (Persero) berencana melakukan tranformasi bisnis dari perusahaan produksi kertas menjadi perusahaan memproduksi kertas berharga.

Direktur Utama Kertas Leces Budi Kusmarwoto mengatakan, melalui lini bisnis produksi kertas sekuriti, perseroan berharap memperoleh pendapatan. Sebagai catatan, perseroan mengalami kerugian pada 2013 sebesar Rp135,14 miliar.

"Secara bertahap, perseroan akan mengurangi ketergantungan pada produk konvensional menjadi kertas berharga. Ini merupakan transformasi bisnis perusahaan," kata Budi dalam jumpa persnya di Kementerian BUMN, Rabu (24/12/2014).

Menurut dia, kertas konvensional seperti kertas budaya dan kertas industri kapasitas terpasangnya hanya 180 ribu per ton. Artinya, hanya sekitar 2% dari total kapasitas secara nasional.

"Produksi kertas bernilai tinggi secara bertahap akan mengurangi ketergantungan pada produk konvensional yang tidak banyak menghasilkan keuntungan," paparnya.

Untuk mencapai hal tersebut, perseroan memutuskan untuk meningkatkan nilai bisnis Kertas Leces secara bertahap memasuki kertas sekuriti dan kertas berharga berbasis non-kayu.

Menurut Budi, Kertas Leces akan memilih produk yang memberikan keuntungan tinggi, seperti diversifikasi produk ke pulp rice straw yang berbahan baku jerami. Harganya mencapai USD2.000 sekitar Rp25 juta (kurs Rp12.500) per ton.

Produk itu sangat menguntungkan dibandingkan kertas dari bahan baku kayu yang nilainya USD650 atau sekitar Rp8,13 juta per ton. Perseroan juga memanfaatkan abaca yang nilai penjualannya mencapai USD4.000 atau sekitar Rp50 juta per ton.

"Abaca ini menghasilkan kertas teh, trafo juga, itu kan ada kumparan untuk kertas uang, filter oli di mobil atau motor, dashboard mobil, untuk bank notes juga," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5327 seconds (0.1#10.140)