PLN Suplai Listrik 40 MVA untuk Pabrik Smelter di Bantaeng

Sabtu, 27 Desember 2014 - 09:47 WIB
PLN Suplai Listrik 40 MVA untuk Pabrik Smelter di Bantaeng
PLN Suplai Listrik 40 MVA untuk Pabrik Smelter di Bantaeng
A A A
BANTAENG - Guna memenuhi kebutuhan listrik sejumlah perusahaan di Sulawesi Selatan, khususnya yang bergerak di sektor pertambangan dan mineral (smelter) di Kabupaten Bantaeng, PT PLN Wilayah Sulselrabar tahun depan akan menyuplai listrik sebesar 40 Mega Volt Ampere (MVA).

Deputy Manager Mekanisme Niaga PLN Sulselrabar, Saifuddin mengatakan, suplai listrik tersebut dimanfaatkan PT Huadi Nikel Alloi Indonesia yang rencananya mulai dialirkan pada Juli 2015. Aliran tersebut merupakan tahap awal dari total kebutuhan sebanyal 120 MVA.

“Sebenarnya sudah banyak perusahaan smelter yang mengajukan permohonan untuk suplai listrik. Namun, baru PT Huadi Nikel Alloi Indonesia yang menyatakan kesiapannya melalui komitmen kerja sama/MoU) sekaligus telah membayar uang muka,” ujarnya, Sabtu (27/12/2014).

Dia menjelaskan, saat ini sesuai permintaan total perusahaan smelter yang mengajukan proposal kerjasama sebanyak delapan korporasi. Statusnya ada yang sudah perjanjian kerja sama (PKS) dan penjajakan.

Perusahaan yang dimaksudkan, yakni PT Bosowa Metal Industri sebanyak 70 MVA di Jeneponto, ‎PT Bumi Modern Sejahtera 100 MVA di Palopo, ‎PT Bukaka 90 MVA di Palopo, PT Earth Stone 700 MVA di Bantaeng, PT Cinta Jaya 35 MVA di Bantaeng dan PT Titan Mineral 80 MVA di Bantaeng.

“Semua masih bisa berubah, biasanya kalau masih penjajakan membutuhkan proses lagi untuk mengajak mereka melakukan PKS. Sebab, jika mengacu sebelumnya ada yang sudah mau bekerja sama tapi mereka memutuskan memindahkan pabriknya ke luar Sulsel dengan alasan berbeda,” jelasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6182 seconds (0.1#10.140)