Tiga Smelter Beroperasi Tahun Ini

Rabu, 07 Januari 2015 - 16:29 WIB
Tiga Smelter Beroperasi Tahun Ini
Tiga Smelter Beroperasi Tahun Ini
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sukhyar menyebut, terdapat tiga smelter yang akan mulai beroperasi secara komersial pada tahun ini.

Adapun smelter yang mulai berproduksi milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) di Pomalaa, Sulawesi Tenggara; PT Indonesia Chemical Alumina di Tayan, Kalimantan Barat; dan PT Bintang Delapan Energi.

"Tahun ini ada tambahan untuk smelter pasir besi, sehingga smelter yang produksi pig iron akan bertambah, yang lainnya sama saja," kata dia, Rabu (7/1/2015).

Dia mengakui, hingga saat ini pembangunan smelter masih menemui kendala. Pembangunan smelter yang paling maju berasal dari komoditi zirkon, nikel dan pasir besi. Sedangkan untuk komoditi bauksit belum terealisasi karena investasi yang dibutuhkan besar.

"Seperti Harita Prima Abadi Mineral, total penyerapan investasinya baru 30%," kata dia.

Hingga akhir Oktober 2014, tercatat 25 perusahaan telah mencapai tahap commissioning atau uji coba produksi dari total 76 perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) mineral. Dari total 36 pemegang IUP mineral nikel, sebanyak 30 di antaranya berkomitmen membangun smelter.

Sementara untuk mineral bauksit, dari total jumlah IUP 11 perusahaan, ada enam rencana pembangunan smelter. Komoditas mineral besi dengan jumlah IUP sebanyak tujuh memiliki rencanan pembangunan smelter tujuh dan komoditas mineral mangan dengan jumlah IUP tiga memiliki rencana pembangunan smelter sebanyak tiga.

Komoditas mineral zirkon jumlah IUP 13, rencana pembangunan smelter ada 13. Komoditas mineral timbal dan seng jumlah IUP dua, rencana pembangunan smelter dua. Komoditas mineral kaolin dan zeolit jumlah IUP empat, rencana pembangunan smelter empat.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5072 seconds (0.1#10.140)