Sofyan: Tuban Petro Mungkin Harus Dipailitkan

Rabu, 14 Januari 2015 - 11:12 WIB
Sofyan: Tuban Petro Mungkin Harus Dipailitkan
Sofyan: Tuban Petro Mungkin Harus Dipailitkan
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan bahwa Tuban Petro kemungkinan akan dipailitkan lantaran rumitnya masalah yang membelit perusahaan tersebut.

Dia mengaku telah membahas masalah tersebut dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini SOemarno dan Direktur Utama (Dirut) Pertamina Dwi Soetjipto dalam rapat koordinasi (rakor) semalam.

"Intinya, kita ingin mendengar apa yang terjadi pada Tuban Petro. Banyk orang bilang banyak masalah Tuban Petro," ujar Sofyan di Kemenko Perekonomian Jakarta, Selasa (13/1/2015) malam.

Sofyan menjelaskan, posisi Tuban Petro saat ini rumit karena banyak masalah di dalamnya, termasuk masalah utang perusahaan.

"Kondisinya rumit sekali. Saya pilihannya mungkin harus kita pailitkan itu," ujarnya.

Opsi tersebut yang paling mungkin dilakukan pemerintah saat ini dibanding dengan opsi lainnya. Misal jika diakuisisi untuk memperbaiki kondisi perusahaan, menurut Sofyan, tidak akan mudah seperti mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain.

"Tidak akan mudah (diakuisisi) karena banyak perkaranya. Paling kita hanya bisa ambil besi-besi tuanya saja. Keuntunganny? Ini besi tua bisa dijual, tidak ada pilihan lain, siapa yang mau hidupkan?" ujar Sofyan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5900 seconds (0.1#10.140)