Alibaba Beli Saham AdChina

Kamis, 15 Januari 2015 - 11:03 WIB
Alibaba Beli Saham AdChina
Alibaba Beli Saham AdChina
A A A
SHANGHAI - Raksasa e-commerce China, Alibaba, akan membeli saham mayoritas AdChina untuk mengembangkan pemasaran online dan mobile. AdChina merupakan platform digital marketing di Negeri Panda.

“Alibaba membuat investasi strategis di AdChina,” ungkap pernyataan Alibaba, dikutip kantor berita AFP . Alibaba tidak menjelaskan rinci keuangan. Alibaba, yang terdaftar di Bursa Saham New York tahun lalu, menyatakan, kesepakatan itu akan mengizinkan perusahaan untuk menumbuhkan ekosistem online dan mobile marketing.

“Dua perusahaan juga akan mengembangkan jasa marketing online dan produk data marketing untuk bisnis, klien media, dan penyedia jasa pihak ketiga,” lanjut Alibaba. Alibaba sering disebut sebagai versi China untuk eBay dan, seperti perusahaan Amerika Serikat (AS), memiliki sistem pembayaran sendiri.

Alibaba juga tidak memiliki stok produk sendiri, tapi menghubungkan antara pembeli dan penjual. Platform perusahaan konsumen ke konsumen, Taobao, diperkirakan memegang lebih dari 90% pasar China dengan lebih 800 juta jenis barang dan sekitar 500 juta pengguna terdaftar. Pendiri Alibaba, Jack Ma, menunjukkan ambisi melampaui e-commerce, termasuk hiburan dan olahraga, membeli setengah saham di klub sepak bola China.

Alibaba Pictures Group pekan ini menyatakan telah mengakuisisi perusahaan film Hong Kong, Wong Kar-wai, untuk satu proyek film. Ini merupakan pertama kali Alibaba membeli saham mayoritas di perusahaan yang terdaftar di bursa Hong Kong dan mengubah namanya. Saham Alibaba ditutup turun 0,84% pada USD100,77 pada perdagangan di bursa Amerika Serikat (AS) pada Selasa (13/1) waktu setempat.

Oktober lalu Alibaba mendapat persetujuan otoritas untuk membentuk satu bank swasta. Persetujuan ini kian menegaskan ambisi Alibaba membesarkan perusahaannya melebihi sektor e-commerce. “Alibaba akan menjadi pemegang saham mayoritas dengan 30% saham di satu bank swasta yang didirikan di Provinsi Zhejiang, lokasi kantor pusat Alibaba,” ungkap pernyataan Komisi Regulator Perbankan China (CBRC), dikutip kantor berita AFP .

Alibaba telah mengguncang perbankan milik Pemerintah China dengan produk keuangan yang disebut Yuebao. Yuebao merupakan dana investasi yang menawarkan keuntungan lebih besar dibandingkan deposito perbankan pada umumnya.

Pemegang saham utama lain di bank yang baru dibentuk itu unit konglomerat milik privat, Fosun dengan 25% saham, perusahaan suku cadang automotif Wanxiang Group dengan 18%, dan perusahaan investasi Yintai dengan 16% saham. Listing Alibaba di Bursa Saham New York mengumpulkan total USD25 miliar, menjadikan penawaran saham perdana itu yang terbesar dalam sejarah.

Syarifudin
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4715 seconds (0.1#10.140)