Ini Tantangan Stabilitas Makro Ekonomi 2015

Kamis, 15 Januari 2015 - 19:23 WIB
Ini Tantangan Stabilitas Makro Ekonomi 2015
Ini Tantangan Stabilitas Makro Ekonomi 2015
A A A
JAKARTA - Sejumlah risiko eksternal masih akan menjadi tantangan bagi stabilitas makro ekonomi nasional tahun ini.

"Risiko eksternal 2015 khususnya disebabkan tingginya volatilitas pasar keuangan global sejalan dengan kemungkinan kenaikan suku bunga Fed Fund Rate di AS dan anjloknya harga komoditas dunia," Kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara di Gedung BI, Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Sebab itu, peng‎elolaan stabilitas makro ekonomi nasional di 2015 perlu dilakukan untuk menghadapi tantangan ketidakpastian normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat (AS) serta pemulihan ekonomi global yang tidak sekuat perkiraan sebelumnya dan tidak merata.

Di satu sisi pemulihan ekonomi AS semakin solid, sementara pemulihan Eropa masih melambat. Di sisi lain, ekonomi China juga dalam tren melambat, sementara ekonomi Jepang masih dalam resesi.

Pemulihan ekonomi global yang melambat tersebut, yang disertai dengan penurunan harga minyak dunia seiring dengan melimpahnya pasokan minyak khususnya dari AS, pada gilirannya mendorong penurunan harga komoditas dunia secara signifikan.

Meningkatnya ketidakpastian normalisasi kebijakan moneter the Fed, terutama di paruh kedua 2014, yang disertai dengan penguatan dolar AS terhadap semua mata uang dunia juga semakin meningkatkan risiko pembalikan modal asing dari emerging markets, termasuk Indonesia.

"Ke depan, pemulihan ekonomi negara maju, khususnya AS, diperkirakan akan terus berlanjut di 2015, sehingga dapat menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia dari jalur perdagangan," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5195 seconds (0.1#10.140)