Pelabuhan Kuala Tanjung Ditarget Beroperasi 2018

Rabu, 21 Januari 2015 - 10:31 WIB
Pelabuhan Kuala Tanjung Ditarget Beroperasi 2018
Pelabuhan Kuala Tanjung Ditarget Beroperasi 2018
A A A
JAKARTA - Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Kemaritiman menargetkan Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara akan beroperasi awal 2018.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, pelabuhan tersebut merupakan bagian dari 24 pelabuhan yang ditargetkan akan dibangun pada pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

"Ini saya kira yang bagus dan sudah mulai bergerak. Diharapkan 2018 awal sudah selesai dan siap beroperasi," ujarnya di Hotel JW Marriott, Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, pelabuhan yang dibangun oleh PT Pelindo I (Persero) bekerja sama dengan Rotterdam Port ini dalam rangka memperkuat konektivitas antarpulau, serta meningkatkan sistem logistik nasional.

"Selain tol laut, maka dibangun 24 pelabuhan di seluruh Indonesia, yang lima itu pelabuhan laut dalam (deep sea port)," jelas dia.

Kelima pelabuhan laut dalam tersebut, termasuk Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Makassar, dan Pelabuhan di Sorong.

"Khusus untuk empat pelabuhan, yaitu Kuala Tanjung, Tanjung Perak, Tanjung Priok, dan Pelabuhan Makassar sudah siap," papar Indroyono.

"Contohnya Kuala Tanjung sudah mulai bergerak, pembangunannya bekerja sama dengan port of Rotterdam (pelabuhan laut terbesar di Eropa)," pungkas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5501 seconds (0.1#10.140)