DPR: Pembangunan Kilang BBM Hanya Wacana

Senin, 26 Januari 2015 - 22:08 WIB
DPR: Pembangunan Kilang BBM Hanya Wacana
DPR: Pembangunan Kilang BBM Hanya Wacana
A A A
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memandang rencana pemerintah membangun kilang bahan bakar minyak (BBM) hanya sebuah wacana. Sejak 2004, DPR sudah secara lantang meneriaki pembangunan kilang BBM, tapi tidak pernah terwujud.

"Sejak 2004 saya sudah teriak lantang soal kilang. Tapi kenyataannya itu hanya wacana. Saya kenyang dengan wacana," tandas Anggota DPR Komisi VII DPR, di Gedung DPR. Jakarta, senin (25/1/2015).

Menurutnya Indonesia telah tertinggal jauh dengan Malaysia terkait kesungguhan membangun cadangan energi. Sebagai contoh di negara tetangga Malaysia telah memiliki cadangan energi BBM selama 30 hari.

Tidak hanya di Malaysia, Dito juga membandingkan cadangan BBM yang dimiliki Singapura. Menurutnya kesiapan Singapura di atas Indonesia, yaitu 90 hari.

"Padahal jumlah penduduk kita jauh lebih banyak dibanding mereka. Indonesia 270 juta sedangkan Malaysia 30 juta," kata dia.

Dia mengatakan pemerintah perlu komitmen serius dalam membangun ketahanan energi nasional. Pemerintah dinilai perlu memiliki pangkah langkah tegas dan jelas dalam meningkatkan kapasitas casangan energi nasonal. Apalagi, lanjutnya pemerintah berharap cadangan BBM meningkat ke level 30 hari.

"Apa kebijakan dan policy ke depan jika pemerintah ingin stok BBM nasional meningkat hingga 30 hari tidak hanya 18-20 hari," jelasnya.

Dito mengaku pesimistis dengan rencana pemerintah meningkatkan cadangam energi nasional karena dari dulu pembangunan kilang BBM tak kunjung terealisasi.

"Ini didasari dari sejumlah wacana pembangunan kilang minyak anyar di masa lalu yang sampai saat ini belum juga di bangun," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5749 seconds (0.1#10.140)