Kadin: Penghapusan PBB Rumah Tinggal Hanya Pikiran Liar

Rabu, 04 Februari 2015 - 21:31 WIB
Kadin: Penghapusan PBB Rumah Tinggal Hanya Pikiran Liar
Kadin: Penghapusan PBB Rumah Tinggal Hanya Pikiran Liar
A A A
JAKARTA - Ketua Komite Tetap Kebijakan Bidang Properti dan Kawasan Industri Kadin Indonesia, Teguh Satria menilai rencana Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry M Baldan menghapus pajak bumi dan bangunan (PBB) hanya pikiran liar. Dia menyebut ini sekadar wacana.

"Ini yang ingin saya luruskan. Sebenarnya itu bisa dibilang pikiran liarnya saja. Jadi, hanya wacana. Dengan kata lain, sebenarnya masih jauh dari realisasi," ujar Teguh di Menara Kadin Jakarta, Rabu (4/2/2015)

Menurutnya, banyak sekali yang harus dikaji, antara lain soal NJOP dan struktur dari PBB itu sendiri. "Jadi, saya enggak mau menanggapi apa yang masih jauh. Karena Pak Menteri sendiri bilang, 'ini pikiran liar saya mohon dikaji'. Tapi, kalau itu berdampak, iya pasti. Dampaknya akan ke pemerintah daerah khususnya. Bagaimana mendapat penghasilan nantinya," terang teguh.

Meski demikian, lanjut Teguh, dari pandangan pengusaha properti mereka akan senang karena pajaknya tidak ada. "Tentu kita senang dong. Pengusaha properti justru malah enggak ada ruginya. Untung banyak, jualannya jadi lebih lancar. Gini, Tuhan menciptakan tanah sekali, tapi mengenakan pajaknya kok tiap tahun. Kan gitu," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7460 seconds (0.1#10.140)