Pasang Konverter Kit Vi-Gas Butuh Rp15 Juta

Jum'at, 06 Februari 2015 - 15:23 WIB
Pasang Konverter Kit Vi-Gas Butuh Rp15 Juta
Pasang Konverter Kit Vi-Gas Butuh Rp15 Juta
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengakui bahwa harga konverter kit yang digunakan untuk bahan bakar Vi-Gas masih cukup mahal. Untuk satu mobil, pemasangannya membutuhkan Rp15 juta per satu konverter.

Vice President Domestic Gas Direktorat Pemasaran Pertamina B Trikora Putra menuturkan, penggunaan Vi-Gas ini harus diinstal dengan menggunakan konverter kit seharga Rp15 juta. Pasalnya, konverter sendiri masih impor dari Turki dan Korea, terlebih, konverter tersebut hanya dijual di wilayah Jakarta.

"Konverter kitnya dijual di Jakarta saja. Jadi memang bukan Pertamina yang jual, jadi mereka (agen) yang sudah authorized konverter kit itu," ujarnya di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (6/2/2015).

Sekadar informasi, Vi-Gas merupakan merek dagang Pertamina untuk bahan bakar Liquefied Gas for Vehicle (LGV), yang diformulasikan untuk kendaraan bermotor, yang terdiri dari campuran Propane (C3) dan Butane (C4). LGV adalah turunan dari elpiji.

Pertamina saat ini telah mengoperasikan sebanyak 18 SPB Vi-Gas yang terintegrasi dengan SPBU milik Pertamina dan swasta di beberapa wilayah, di antaranya 11 unit di Jabodetabek, tiga unit di Bali, satu unit masing-masing di Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3882 seconds (0.1#10.140)