Ini Langkah OJK Minimalisir Investasi Bodong

Selasa, 10 Februari 2015 - 15:01 WIB
Ini Langkah OJK Minimalisir Investasi Bodong
Ini Langkah OJK Minimalisir Investasi Bodong
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerangkan ada beberapa langkah yang dilakukan untuk meminimalisir investasi bodong.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida menuturkan, langkah yang dilakukan agar tidak terjebak dengan investasi bodong adalah dengan melakukan edukasi investasi.

"Lakukan edukasi mengenai investasi yang wajar seperti apa," ujarnya di Kantor OJK, Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Selain itu, OJK juga memberikan pemahaman mengenai investasi layak. Di samping itu, juga membentuk satuan tugas (satgas) pengawasan terhadap investasi ilegal, yang bukan produk pasar modal.

Di samping itu, dia mengingatkan kepada investor agar berhai-hati terhadap investasi yang memberikan imbal hasil (return) sangat tinggi dan tidak masuk akal.

"Return yang tinggi most likely ada akibatnya di kemudian hari. Anda investasi Rp100 juta, di minggu pertama dapat Rp130 juta, apa masuk akal? Ini kan sudah sering diimbau," jelasnya.

Dia menambahkan, perlu juga dicermati produk investasi tersebut harus mendapat izin resmi dari otoritas pasar modal agar jika terjadi hal merugikan investor, otoritas bisa melakukan tindakan lebih lanjut.

"Kalau izinnya dari kita, kita tindak, tapi kebanyakan tanpa izin. Karena itu, kita masih berikan pelayanan dan mendidik masyarakat," pungkas Nurhaida.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8233 seconds (0.1#10.140)