Bank Asing Berkurang

Kamis, 12 Februari 2015 - 10:07 WIB
Bank Asing Berkurang
Bank Asing Berkurang
A A A
JAKARTA - Jumlah bank asing di Indonesia akan berkurang seiring rencana kantor cabang The Hongkong & Shanghai Banking Corp yang akan melakukan integrasi dengan PT Bank Ekonomi Raharja Tbk dalam tiga tahun mendatang.

Penguasaan saham Bank Ekonomi, 98,94% dimiliki oleh HSBC Asia Pacific Holding (UK) Limited, anak perusahaan yang dimiliki seluruhnya oleh HSBC Holdings plc. Deputi Komisioner Pengawasan Perbankan III Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Irwan Lubis mengatakan, langkah HSBC berintegrasi dengan Bank Ekonomi karena pemegang saham sama.

”Ini akan mengurangi jumlah bank asing, dari 10 bank menjadi sembilan bank. Untuk keseluruhan prosesnya, bisa memakan waktu 3-4 tahun,” sebut Irwan di Jakarta kemarin. Menurut dia, kepemilikan asing di perbankan memang menjadi sorotan. Dari 34 bank yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia, ada 15 bank yang dikendalikan investor asing.

Enam bank dari 10 bank dengan aset terbesar yang menguasai 62,87% industri perbankan bahkan berada dalam kendali pemodal asing. Sebelumnya pengamat BUMN Said Didu menilai strategi dalam membesarkan bank lokal juga harus diikuti pembatasan bank asing. Demi memiliki bank besar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, pemerintah melemparkan wacana penyertaan modal dan merger.

Namun, masih banyak instrumen kebijakan lain yang harus dikejar. “Sebaiknya pemerintah fokuskan pada kebijakan yang lebih strategis yaitu menyuntik modal ke bank BUMN dan melindungi pasar domestik dari bank asing. Ini harus sepaket,” kata Said beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, walaupun melakukan merger, tidak akan efektif bila ekspansi bank asing tetap leluasa. Investasi bank asing di Indonesia terus semakin besar. Apabila tidak ada penguatan modal, pembiayaan pembangunan akan diambil oleh bank asing yang jauh lebih besar kemampuannya dalam menyalurkan kredit.

Hafid fuad
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4441 seconds (0.1#10.140)