Kenaikan Gaji Pegawai Pajak Dinilai Wajar

Minggu, 15 Februari 2015 - 10:13 WIB
Kenaikan Gaji Pegawai Pajak Dinilai Wajar
Kenaikan Gaji Pegawai Pajak Dinilai Wajar
A A A
JAKARTA - Kenaikan gaji pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan yang akan dilakukan mulai bulan depan dinilai sejumlah pihak wajar. Hal ini mengingat telah tujuh tahun tak mengalami kenaikan.

Pengamat perpajakan dari Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo mengatakan, kenaikan gaji tersebut sedikit banyak akan memengaruhi kinerja para pegawai Ditjen Pajak. Terlebih, beban kerja untuk menggenjot penerimaan negara dari sektor perpajakan semakin berat.

"Logikanya berpengaruh, karena kan selama ini sudah tujuh tahun tidak meningkat. Sementara beban kerja semakin berat. Jadi, kalau dari sisi itu ini akan menambah semangat, dan memengaruhi kinerja," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Minggu (15/2/2015).

Menurutnya, yang terpenting saat ini strategi agar PNS perpajakan tersebut bisa bekerja profesional, dengan kinerja yang terukur baik. "Bagaimana dengan tambahan remunerasi itu bisa buat strategi supaya mereka bisa bekerja profesional dan kinerjanya terukur dengan baik," terangnya.

Hal senada disampaikan, pengamat pajak Danny Darussalam Tax Center, Darussalam. Dia menyebutkan, kenaikan gaji tersebut sedianya sebagai penyesuaian dari hitungan inflasi. Terlebih, pegawai pajak sudah tujuh tahun tidak mengalami kenaikan gaji.

"Terus terang ini (kenaikan gaji) juga untuk motivasi dalam pencapaian target yang memang tahun ini luar biasa signifikan kenaikan. Jadi, menurut saya ada korelasinya dalam rangka pencapaian target itu sendiri," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah telah meminta tambahan anggaran remunerasi Rp4 triliun untuk Ditjen Pajak Kementerian Keuangan. Dana tersebut akan digunakan sebagai kebutuhan kenaikan remunerasi yang menjadi 'vitamin' bagi pegawai pajak agar mampu mencapai target penerimaan pajak pemerintah.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5689 seconds (0.1#10.140)