APBN Dituntut Bisa Kendalikan Fluktuasi Harga Komoditas

Minggu, 15 Februari 2015 - 18:18 WIB
APBN Dituntut Bisa Kendalikan Fluktuasi Harga Komoditas
APBN Dituntut Bisa Kendalikan Fluktuasi Harga Komoditas
A A A
JAKARTA - Pengamat Ekonomi Ichsanuddin Noorsy mempertanyakan apakah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2015 yang baru saja disahkan DPR RI mampu mengendalikan fluktuasi harga komoditas. Selama ini, pasar yang mengendalikan.

Menurutnya, APBN dituntut bisa mengintervensi pergerakan harga yang dinilai tunduk pada penawaran pasar. "Itu pertanyaan besarnya, perdagangan tunduk pada mekanisme pasar. Lalu berlaku juga sistem pasar bebas berbagai komoditas," ujarnya kepada Sindonews di Jakarta, Minggu (15/2/2015).

Menurut Ichsan, pertanyaan tersebut karena berujung pada persoalan apakah APBN mampu mengurangi angka kemiskinan. Menurut Bank Dunia mencapai 40% dengan indikator USD2 per hari.

Sementara untuk besaran angka, bukan menjadi persoalan. Tapi masalah soal sistem di balik APBN tersebut. "Soal sistem yang di balik APBN. Sistemnya itu sistem yang cenderung menerapkan prinsip neo liberal. Misalnya, walaupun belanja mencapai Rp1.984 triliun gitu, tapi kan harga energi diserahkan ke harga pasar. Nilai tukar tetap diserahkan ke mekanisme pasar," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9311 seconds (0.1#10.140)