Sentimen Positif Dalam Negeri Perbaiki Laju Rupiah

Minggu, 15 Februari 2015 - 21:12 WIB
Sentimen Positif Dalam...
Sentimen Positif Dalam Negeri Perbaiki Laju Rupiah
A A A
JAKARTA - Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual memperkirakan pekan depan ada beberapa sentimen positif yang berpotensi memperbaiki laju rupiah. Salah satu faktornya adalah diumumkan suku bunga Bank Indonesia (BI Rate).

"Minggu depan ini kan ada pengumuman BI Rate ya, tanggal 17 Februari. Mungkin salah satu yang ditunggu oleh market juga. Ya, harusnya positif, karena BI Rate masih ditahan," ujarnya kepada Sindonews di Jakarta, Minggu (15/2/2015).

Selain itu, ada pengumuman neraca perdagangan selang sehari sebelumnya. Di mana ekspektasinya ada surplus, walaupun tipis.

"Neraca perdagangan BI ekspektasinya surplus. Dengan dua sentimen ini potensi menguat ada walaupun tipis. Minggu ini diperkirakan ada pada rentang Rp12.600-Rp12.850," kata David.

Dia menjelaskan, dari faktor eksternal isunya masih digerakkan Bank Sentral Eropa (ECB) terkait negosiasi dengan Yunani. "Ini isu yang cukup serius. Apakah mereka bisa selesaikan negosiasi, dan apakah Yunani masih di Uni Eropa. Khawatirnya kan takut, cemas kalau sampai negosiasinya gagal. Lalu, Yunani keluar dari Uni Eropa. Ini akan timbulkan turbulensi di pasar finansial," jelasnya.

Atas hal tersebut, menurutnya otomatis rupiah akan mengalami turbulensi juga. Dana investor akan lari ke USD. "Justru kalau turbulensi harusnya investor lari ke USD. USD tidak tertekan," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0421 seconds (0.1#10.140)