Penjelasan Menpar Tak Bisa Bebaskan Visa Turis Australia

Senin, 16 Februari 2015 - 15:37 WIB
Penjelasan Menpar Tak Bisa Bebaskan Visa Turis Australia
Penjelasan Menpar Tak Bisa Bebaskan Visa Turis Australia
A A A
BOGOR - Pemerintah Indonesia saat ini tengah aktif melakukan lobi untuk membebaskan visa liburan ke Indonesia kepada lima negara, yaitu Jepang, China, Korea Selatan, Rusia, dan Australia.

Sayangnya, lobi yang dilakukan pemerintah Indonesia terhadap Australia gagal. Turis Negeri Kanguru itu pun tetap harus memiliki visa untuk melancong ke Indonesia.

Lantas mengapa pemerintah Australia tidak mengizinkan pembebasan visa tersebut?

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjelaskan, lobi pembebasan visa untuk Australia gagal lantaran di Australia berlaku visa universal. Sementara di Indonesia peraturan yang berlaku bersifat resiprokal.

"Universal itu artinya jadi setiap orang datang ke Australia harus pakai visa. Kalau kita, kalau ingin bebaskan ke satu negara harus resiprokal. Makanya tidak ketemu peraturan kita dengan Australia," terangnya di Istana Bogor, Jakarta, Senin (16/2/2014).

Sebab itu, pemerintah Indonesia hanya akan melanjutkan penawarannya kepada empat negara. Saat ini, Jepang telah menyatakan persetujuannya untuk membebaskan visa.

"Jepang sudah katakan mau. Kalau China, saya sudah ketemu Menparnya, dua-duanya sudah menyatakan mau. Tadi saya sudah ketemu dengan Bu Menlu (Retno Marsudi), tugasnya Bu Menlu mendekati Menlu China," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7955 seconds (0.1#10.140)