BI Rate Diperkirakan Turun Jadi 7,5%

Senin, 16 Februari 2015 - 20:57 WIB
BI Rate Diperkirakan Turun Jadi 7,5%
BI Rate Diperkirakan Turun Jadi 7,5%
A A A
JAKARTA - Chief Economist Bank Rakyat Indonesia (BRI) Anggito Abimanyu memperkirakan, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI rate turun menjadi 7,50% atau berkurang 25 bps‎ dari bulan sebelumnya. Di mana pengumuman BI rate dijadwalkan akan dilakukan Bank Indonesia pada Selasa (17/2/2015).

"BI akan menurunkan BI rate sebesar 25 bps. BI rate ini kan disesuaikan atau adjust. Kalau dilihat attitude, biasanya BI preventive. Kalau dilihat attitude, maka BI akan cepat menyesuaikan deflasi," ujarnya ‎dalam Pemaparan Outlook Ekonomi Makro Indonesia 2015, Gedung BRI I, Jakarta, Senin (16/2/2015).

Menurut Anggito, selain penyesuaian kondisi ekonomi Indonesia yang mengalami deflasi, penyesuaian BI rate juga akan mempertimbangkan kemungkinan peningkatan suku bunga bank sentral AS (Fed Fund Rate/FFR).

Kebijakan moneter BI ini akan diikuti bank-bank. Kemudian, OJK juga mengikuti suku bunga acuan sebagai jangkar permodalan di Indonesia.‎ Namun, persoalanannya berapa lama terjadi, tergantung suku bunga penjaminan dan pengawasan OJK. "Saya kira semua bank akan mengikuti, di mana otoritas memiliki kewenangan, sehingga akan diikuti," imbuhnya.

Abimanyu menuturkan, jika kenaikan BI rate tidak jadi terlaksana pada bulan ini, kemungkinan besar akan terjadi pada bulan depan.‎ Apalagi di bawah kepemimpinan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, BI terkenal lebih responsive terjadap kondisi pasar.

"Jika tidak bulan ini, maka bulan depan BI Rate akan disesuaikan. Itu sudah memahami oleh pasar. BI di bawah Pak Agus terkena lebih responsive, kredibel dan memahami situasi ke depan," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8392 seconds (0.1#10.140)