Fairfax Akuisisi Brit Senilai USD1,88 Miliar

Rabu, 18 Februari 2015 - 13:15 WIB
Fairfax Akuisisi Brit Senilai USD1,88 Miliar
Fairfax Akuisisi Brit Senilai USD1,88 Miliar
A A A
LONDON - Fairfax Financial Holdings Ltd akan mengakuisisi Brit Plc senilai USD1,88 miliar agar bisa menjadi salah satu dari lima perusahaan asuransi terbesar di bursa saham London.

Fairfax Financial Holdings Ltd merupakan perusahaan asuransi kecelakaan dan properti Kanada yang dikelola investor Prem Watsa. Para pemegang saham Brit Plc akan menerima 305 pence pound per saham secara tunai, dibandingkan 280 pence pound secara tunai dan dividen 25 pence pound per saham pada akhir tahun 31 Desember.

Harga saham Brit Plc naik lebih dari 10% menjadi 303 pence pound, tertinggi sejak penawaran saham perdana (IPO) tahun lalu di Bursa Saham London, pada Selasa (17/2) waktu setempat. Ini masih di bawah penawaran harga premium 11,2% pada harga penutupan Brit pada 16 Februari lalu.

Kesepakatan ini terjadi sebulan setelah XL Group mengakuisisi Lloyd’s of London’s Catlin Group senilai USD4,22 miliar dan ini merger perusahaan asuransi Eropa terbaru di kawasan, di mana 5.000 perusahaan asuransi menghadapi aturan modal yang ketat. Fairfax mendapat tekanan untuk menerima tawaran dari sejumlah entitas yang dikelola Apollo Global dan CVC Capital Partners yang semuanya memegang sekitar 73% saham Brit.

“Brit baru saja kembali ke pasar saham dan belum membangun traksi nyata, sehingga ini menjadi langkah keluar yang mudah bagi para pemegang saham utama,” kata Joanna Parsons, analis Westhouse Securities, dalam catatannya. Apollo dan CVC yang mengakuisisi Brit pada 2010 meluncurkan IPO pada tahun lalu, menjadikan perusahaan itu bernilai USD1,48 miliar.

Fairfax yang berbasis di Toronto menyatakan, pertumbuhan Bric di Amerika Serikat (AS) dan internasional dapat melengkapi keberadaan operasional dan menyeragamkan portofolio risiko Fairfax. Brit yang mempunya nilai pasar USD1,69 miliar memiliki sejumlah kebijakan khusus dari energi dan kelautan hingga asuransi untuk kuda dan peluncuran pesawat antariksa.

Akuisisi ini menguntungkan bagi Fairfax dalam beberapa hal, termasuk pendapatan kotor per saham dan investasi per saham. Awal bulan ini Fairfax sepakat membeli operasi asuransi Ukraina dari QBE Insurance Group asal Australia, memperluas kehadirannya di Eropa Timur.

Mereka juga mengakuisisi unit Czech, Hungaria, dan Slovakia QBE pada Desember lalu. Fairfax membeli bisnis runoff Brit pada Juni 2012. Dalam runoff, perusahaan asuransi berhenti menulis bisnis baru dan hanya mengelola buku yang ada hingga semua kebijakan di buku itu telah habis masa berlakunya.

Syarifudin
(bhr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7155 seconds (0.1#10.140)