Gresik Alternatif Pembangunan Smelter Konsorsium

Rabu, 18 Februari 2015 - 15:49 WIB
Gresik Alternatif Pembangunan Smelter Konsorsium
Gresik Alternatif Pembangunan Smelter Konsorsium
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) konsorsium nasional bisa dibangun di Gresik, Jawa Timur.

Namun, kepastiannya masih menunggu hasil pembicaraan konsorsium yang merupakan perusahaan pemegang Kontrak Karya (KK). Empat pemegang KK yang masuk dalam konsorsium pembangunan smelter, yaitu PT Freeport Indonesia, PT Newmont Nusa Tenggara, PT Gorontalo Mining dan PT Kalimantan Surya Kencana.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM R Sukhyar menuturkan, pemilihan lokasi smelter menjadi tolok ukur lamanya proses pembangunan smelter. Sebab, lokasi sangat menentukan infrastruktur penunjang yang diperlukan untuk pembangunan.

"Lokasi di Gresik itu bisa menjadi salah satu yang mereka rundingkan," ujarnya di kantor Ditjen Minerba Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Dia mengatakan, infrastruktur penunjang seperti pasokan listrik, pelabuhan dan industri yang menyerap produk lain dari hasil smelter tersedia di Gresik.

Di lokasi tersebut terdapat pabrik pupuk yang bisa menampung asam sulfat dari hasil smelter dan slag yang bisa digunakan pabrik semen. "Jadi yang paling cepat ya pembangunannya di Gresik," tandas Sukhyar.

(Baca: Pengusaha Tambang Diminta Bentuk Konsorsium Smelter)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3307 seconds (0.1#10.140)