Lima Investor Asing Minati Investasi Sektor Maritim

Sabtu, 21 Februari 2015 - 18:49 WIB
Lima Investor Asing Minati Investasi Sektor Maritim
Lima Investor Asing Minati Investasi Sektor Maritim
A A A
JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan, ada lima investor yang sudah menyatakan minatnya untuk menanamkan modalnya di sektor maritim. Tiga di antaranya sudah menyampaikan komitmen nilai investasi sebesar USD9,3 Miliar.

Kelima investor tersebut seluruhnya PMA masing- masing dari Australia, Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan dan China. Ada tiga perusahaan yang bergerak di bidang industri galangan kapal dan dua lainnya bergerak di industri perikanan.

"Marketing officer investasi BKPM terus mengawal minat investasi tersebut agar segera dapat terealisasi," kata Kepala BKPM Franky Sibarani dalam rilisnya, Sabtu (21/2/2015).

Berdasarkan hasil berbagai pertemuan BKPM dengan investor, setidaknya ada tiga investor yang diharapkan segera melakukan proses realisasi investasi. Satu di antaranya, investor bidang industri perikanan yang akan melakukan perluasan.

Franky menambahkan, ketiga investor tersebut sudah mendapatkan penjelasan detail tentang berbagai peraturan dan insentif yang diberikan pemerintah terkait industri galangan kapal maupun industri perikanan.

Sebelumnya, pada akhir 2014 pemerintah telah menyepakati untuk memberikan berbagai insentif bagi industri galangan kapal. Khususnya untuk industri galangan kapal di luar Batam, yakni restitusi pajak pertambahan nilai atau tidak dipungut, bea masuk ditanggung pemerintah untuk impor komponen yang bersinggungan dengan industri lain, pembebasan bea masuk impor komponen, dan pengurangan pajak.

Pemberian insentif tersebut diharapkan dapat meningkatkan investasi sektor galangan kapal di luar Batam yang jumlahnya 80 perusahaan agar dapat berkembang seperti 110 perusahaan serupa di Batam yang selama ini sudah menikmati fasilitasi insentif kawasan perdagangan bebas. Pemerintah memperkirakan investasi sektor galangan kapal 2015 mencapai Rp30 triliun.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7477 seconds (0.1#10.140)