KRAS Tunjuk Bahana Securities Tata Anak Usaha

Senin, 23 Februari 2015 - 20:01 WIB
KRAS Tunjuk Bahana Securities Tata Anak Usaha
KRAS Tunjuk Bahana Securities Tata Anak Usaha
A A A
JAKARTA - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) telah menunjuk PT Bahana Securities untuk menata anak dan cucu usaha yang menyimpang dari bisnis induk.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, Bahana Securities akan melakukan analisis secara menyeluruh terkait keberadaan anak-anak usaha emiten produk baja tersebut.

Menurutnya, anak perusahaan BUMN yang tidak sejalan dengan inti bisnis perusahaan induk harus dilepas. "Kami menekankan bahwa anak-anak yang lini usahanya menyimpang, kami harap dapat dilepas," katanya dalam jumpa pers di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/2/2015).

Rini mengungkapkan, pihaknya telah berkunjung ke kantor KRAS pekan lalu dan membicarakan persoalan tersebut. Skema pelepasan anak usaha itu, tidak selalu dengan pelepasan saham perdana (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia.

Menurutnya, perusahaan yang kegiatan usahanya melenceng tersebut bergerak di sektor air minum dalam kemasan. Seperti diketahui, cucu usaha KRAS yang bergerak di sektor itu adalah PT Krakatau Daya Tirta yang memproduksi air minum merk Quelle.

Perusahaan itu merupakan entitas yang dimiliki PT Krakatau Tirta Industri dan PT Krakatau Daya Listrik. Dua perusahaan itu merupakan anak usaha dari KRAS yang masing-masing bergerak di bidang pengolahan air dan kelistrikan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5207 seconds (0.1#10.140)