KEK Tanjung Lesung Ditargetkan Rampung Tiga Tahun

Selasa, 24 Februari 2015 - 10:54 WIB
KEK Tanjung Lesung Ditargetkan Rampung Tiga Tahun
KEK Tanjung Lesung Ditargetkan Rampung Tiga Tahun
A A A
PANDEGLANG - Target pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung dikebut dari rencana semula lima tahun menjadi hanya tiga tahun.

Target pembangunan kawasan itu disesuaikan dengan pengerjaan jalan Tol Serang-Panimbang sepanjang 80 kilometer yang menjadi akses ke Tanjung Lesung. ”Pak Darmono (Dirut PT Jababeka Setyono Djuandi Darmono) bilang lima tahun, saya enggak mau karena tolnya (dibangun) tiga tahun jadi, hanya 80 kilometer. Jadi, harus sama (selesainya),” kata Presiden Joko Widodo saat meresmikan beroperasinya KEK Pariwisata Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten, kemarin.

Presiden menegaskan bahwa pembangunan jalan tol akan dikerjakan pemerintah dan diikuti oleh pengembangan KEK Pariwisata Tanjung Lesung. Pembangunan KEK Tanjung Lesung sebetulnya sudah dicanangkan selama 24 tahun, yakni sejak 1991. Namun, proyek ini tidak juga diwujudkan hingga saat ini. Menurut Presiden, kondisi tersebut terjadi karena pemerintah daerah dan pusat tidak memberikan dukungan.

KEK Pariwisata Tanjung Lesung yang dibangun di kawasan wisata pantai ini menjadi Desain Induk Pariwisata Kota Air Tahun 2020 seperti di Venesia, Italia. Kawasan Tanjung Lesung merupakan objek wisata andalan Provinsi Banten, di samping objek wisata lain seperti Pantai Carita. Kawasan itu juga memiliki culture heritage karena lokasinya yang dekat dengan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Gunung Anak Krakatau, dan Pulau Umang.

KEK pariwisata itu akan dibangun di area seluas 1.300 hektare, di dalamnya terdapat berbagai sarana dan prasarana pendukung kepariwisataan, termasuk hotel dengan berbagai kelas, sekolah menengah keju-ruan pariwisata, dan sarana pendukung lainnya.

Sekretaris Dewan KEK Provinsi Banten Ali Fadillah mengatakan bahwa penetapan Provinsi Banten sebagai lokasi KEK zona pariwisata sesuai dengan potensi wilayah yaitu sebagai provinsi yang memiliki basis pariwisata berkelas dunia. ”KEK Tanjung Lesung berhadapan langsung dengan Selat Sunda.

Ant
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5180 seconds (0.1#10.140)