BRI Kembangkan Akses Kredit Pelaku UMKM

Jum'at, 27 Februari 2015 - 13:18 WIB
BRI Kembangkan Akses Kredit Pelaku UMKM
BRI Kembangkan Akses Kredit Pelaku UMKM
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mengembangkan akses kredit bagi pelaku UMKM.

Salah satunya kerja sama dengan tiga kementerian, yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Koperasi dan UKM serta dengan Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia meluncurkan Kartu Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

“Kerja sama ini demi meningkatkan pelayanan jasa perbankan bagi para Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Denpasar Barat, Denpasar, Bali,” ujar Sekretaris Perusahaan BRI Budi Satria dalam keterangan tertulisnya kemarin. Kesepahaman tersebut merupakan bagian dari implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Kecil,

Mikro, dan Menengah, Peraturan Presiden No 98 Tahun 2014 tentang Perizinan untuk Usaha Mikro Dan Kecil, dan Permendagri No 83 Tahun 2015 tentang Pedoman Pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil. Dia mengatakan, perseroan sebagai salah satu bank pemerintah yang memang fokus pada pengembangan sektor bisnis UMKM telah diberikan kepercayaan penuh untuk menjalankan dan menerbitkan kartu izin usaha mikro dan kecil (Kartu IUMK).

Penerbitan kartu IUMK ini sebagai langkah maju pemberian layanan yang terintegrasi pada layanan jasa keuangan bank, yang diyakini berimplikasi positif pada pertumbuhan sektor ini secara signifikan.

Hafid fuad
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4003 seconds (0.1#10.140)