Pertamina Akan Gelar Tender Pengadaan Biodisel

Senin, 02 Maret 2015 - 15:41 WIB
Pertamina Akan Gelar...
Pertamina Akan Gelar Tender Pengadaan Biodisel
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) akan menggelar tender pengadaan biodiesel untuk dicampur dengan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar seiring penetapan harga baru biodiesel.

Stok biodiesel Pertamina akan habis pada Februari 2015, setelah tender yang digelar pada Desember 2014 gagal mendapatkan pemenang.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, habisnya persediaan biodiesel Pertamina karena pada tender sebelumnya praktis tidak ada peminat.

"Tender kemarin tidak ada yang ikut karena harganya masih rendah," kata dia di Jakarta, Senin (2/3/2015).

Ahmad mengatakan, Pertamina untuk tender kali ini akan menunggu keputusan harga indeks pasar biodiesel yang baru dari pemerintah.

"Kami akan menunggu formula baru. Kalau tidak ada itu, tidak bisa," tukas dia.

Pertamina membutuhkan pasokan biodiesel sebanyak 1,6 juta kiloliter (kl) pada tahun ini untuk dicampur dengan solar bersubsidi maupun nonsubsidi. Pengadaan biodiesel ditujukan untuk pencampuran BBM bersubsidi jenis solar yang pada tahun ini mencapai 16 juta kl.

salah satu produsen biodiesel, PT Eterindo Wahanatama Tbk (ETWA) menyatakan, formula harga pasar biodiesel yang baru lebih realistis bagi pelaku usaha.

"Pada prinsipnya lebih baik dari segi bisnis. Kami dengar formula harga biodiesel yang baru itu adalah harga CPO plus biaya produksi dan subsidi sebesar Rp4.000 per liter," tandas Presiden Direktur Eterindo Wahanatama Immanuel Sutarto.

Eterindo tercatat memiliki kontrak memasok biodiesel sebanyak 36.000 metrik ton (MT) pada tahun ini ke Pertamina.

(Baca: Pemerintah Segera Umumkan Harga Baru Biodiesel)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)