Rumah 8x10 dengan Area Duduk Luar

Rabu, 04 Maret 2015 - 10:22 WIB
Rumah 8x10 dengan Area Duduk Luar
Rumah 8x10 dengan Area Duduk Luar
A A A
Dear Pak Probo, Saya mempunyai lahan 8x10 meter. Saya ingin rumah saya didesain dengan 1 kamar tidur utama plus kamar mandi, 2 kamar anak, 1 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dilengkapi tempat cuci dan taman mungil, serta ruang khusus untuk menyimpan beberapa motor. Dalam hal ini carport ditiadakan. Mohon bantuan Pak Probo. Terima kasih.
Nurhayati, Jakarta

Jawaban:
Dear Ibu Nurhayati di Jakarta, Desain rumah Ibu bisa dibuat dengan dua lantai, mengingat bila satu lantai tidak cukup menampung semua ruangan meskipun tanpa carport . Jadi, di sini saya desainkan rumah dua lantai dengan beberapa fitur yang unik. Carport mungkin tetap berfungsi sebagai tempat motor.

Jangan lupa menambahkan pagar yang tinggi dan aman. Untuk mendesain rumah dengan lahan yang relatif terbatas ini diperlukan rencana matang. Kamar tidur utama berada di bawah, sedangkan 2 kamar tidur anak berada di atas. Untuk lantai satu terdiri atas ruang tamu yang kecil saja, dapur, ruang makan merangkap ruang keluarga bawah, dan sebuah taman depan semi-tertutup yang bisa digunakan sebagai perpanjangan dari ruang makan.

Taman depan ini ditutup dengan dek kayu atau bisa juga perkerasan dari bahan lain yang cenderung berpori agar air hujan dapat diteruskan. Dewasa ini kita juga bisa menggunakan material pengganti kayu yang lazim dijual di pasaran. Jadi, harganya bisa ditekan. Fitur taman di depan ini dapat digunakan untuk berkumpul dan sekadar membaca, bahkan menerima tamu apabila menyukai suasana ruang luar.

Adapun kamar tidur utama memiliki pencahayaan dan hawa alami yang baik karena mempunyai taman kering memanjang yang menghasilkan ruangan yang teramat sehat serta punya fitur rekreatif yang baik.

Ruang keluarga yang memiliki fasilitas televisi dan multimedia bisa diletakkan di atas, karena keterbatasan ruang. Sementara di bawah ruang keluarga akan berfungsi lebih saat waktu makan dan saat ada tamu yang sudah dikenal dengan baik.

Dengan tampilan bangunan rumah yang sederhana, lebih menarik dengan jendela besar-besar yang memasukkan cahaya secara maksimal, dan untuk mengurangi faktor panasnya digunakan kanopi-kanopi juga penghalang sinar matahari langsung berupa kisi-kisi dari bahan besi. Semoga desain ini dapat menginspirasi Ibu dan segenap pembaca yang budiman.

Salam, Probo Hindarto
astudioarchitect.com@gmail.com HP 08125244753
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6145 seconds (0.1#10.140)