Program Wirausaha Muda Mandiri Dorong Ekonomi RI

Selasa, 10 Maret 2015 - 15:36 WIB
Program Wirausaha Muda Mandiri Dorong Ekonomi RI
Program Wirausaha Muda Mandiri Dorong Ekonomi RI
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Budi G. Sadikin mengatakan, program pengembangan Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dalam jangka panjang bertujuan untuk mendorong kemajuan ekonomi Indonesia.

Saat ini, jumlah wirausaha Indonesia baru 1,65% dari total penduduk pada kuartal II/2014. Jumlah tersebut masih tertinggal jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang masing-masing mencapai 5% dan 7%.

"Bahkan jika dibandingkan dengan negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat perbandingannya lebih jauh lagi. Di Jepang, komposisi wirausahanya mencapai 10% dan Amerika Serikat mencapai 12% dari total populasi," ujar Budi dalam rilisnya di Jakarta, Selasa (10/3/2015).

Pasalnya, menurut dia, program ini sangat tertata dan dilakukan secara berkelanjutan, sehingga perkembangan wirausaha muda dapat termonitor dengan baik.

"Program Wirausaha Muda Mandiri kemudian berkembang dengan Mandiri Young Technopreneur dan Wirausaha Sosial Mandiri," jelas Budi.

Namun, survei Global Entrepreneurship Monitor (GEM) pada 2013 tentang keinginan berwirausaha di Indonesia menunjukkan, Indonesia menempati peringkat kedua negara ASEAN yang memiliki keinginan tertinggi untuk berwirausaha setelah Filipina. Di belakang Indonesia terdapat negara Vietnam, Thailand, Singapura dan Malaysia.

Menurut dia, itu mencerminkan sebuah keoptimisan bahwa Indonesia dapat berkembang menjadi kekuatan ekonomi baru dengan mengoptimalkan semangat kewirausahaan.

Pasalnya, untuk menjadi sebuah negara dengan ekonomi yang maju, negara tersebut paling tidak perlu memiliki jumlah wirausaha minimal 2% dari total populasi.

Sekedar informasi, Bank Mandiri kembali menggelar Expo wirausaha sekaligus Penghargaan dan Workshop Wirausaha Muda Mandiri (WMM), Mandiri Young Technopreneur (MYT) dan Wirausaha Sosial Mandiri (WSM) 2014 pada 12-15 Maret 2015 di Jakarta Convention Center.

Program ini akan diikuti 250 wirausahawan muda dan dihadiri sekitar 50.000 pengunjung dari mahasiswa dan generasi muda dari Jakarta dan sekitarnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6279 seconds (0.1#10.140)