Rumah Bekas Tampil Baru

Rabu, 11 Maret 2015 - 11:04 WIB
Rumah Bekas Tampil Baru
Rumah Bekas Tampil Baru
A A A
Kurangnya budget untuk membeli rumah baru terkadang menjadi alasan yang menyebabkan Anda cukup puas membeli rumah bekas.

Anda tak perlu khawatir, rumah seken bukan berarti tidak baik. Asal bangunan rumah masih kokoh, layak huni, dan segala hal terkait dokumen hak kepemilikan rumah jelas, tentu rumah bekas bukan pilihan yang salah.

Tampilan rumah bekas pun bisa Anda modifikasi sedikit agar tampak seperti rumah baru. Anda pasti memerlukan perabot untuk mengisi interior rumah bekas. Terkadang di rumah bekas ditinggali beberapa perabot rumah yang dulu dipakai. Meski keadaan perabot itu sering kali sudah tidak sebaik perabotan baru, keberadaan perabot tinggalan ini malah menguntungkan bagi Anda.

Keadaan keuangan yang belum pulih benar setelah membeli rumah pun menuntut Anda harus berpikir kreatif. Kesan rumah baru dapat Anda miliki untuk rumah bekas Anda dengan melakukan beberapa hal berikut. Pertama, perbarui warna dinding. Pada rumah seken sering kali ditemui cat dinding yang sudah kusam atau mengelupas. Anda tentu harus memperbarui warna dinding agar hadir seperti rumah baru.

Pilih warna yang lembut seperti krem atau putih untuk menghadirkan kehangatan di rumah. Warna lembut juga bisa menambah kesan ruangan yang lebih luas. Namun, Anda juga boleh memilih warna kuning atau biru yang cerah untuk menambah kesan ceria sekaligus segar di rumah. Lalu, ganti pelapis perabot lama. Jika di rumah bekas banyak Anda dapati perabotan bekas, hal ini malah menguntungkan.

Betapa tidak, Anda cukup sedikit melakukan perbaikan dan mengganti pelapis perabot lama agar terlihat lebih baru. Tentu ini akan lebih menghemat biaya. Dalam hal ini Anda juga harus memperhatikan pernak-pernik rumah yang lain, yang mungkin membutuhkan pelapisan atau pewarnaan ulang. Anda dapat memperbarui warna perabot dan pernakpernik rumah sesuai dengan konsep yang ingin Anda hadirkan untuk interior rumah.

Jika Anda ingin menghadirkan kesan klasik, tentu cokelat kayu adalah warna yang cocok untuk perabotan agar kesan klasik bisa lebih terasa. Anda dapat pula bermain gradasi warna cokelat untuk beberapa perabotan. Jadi, jangan hanya monoton di satu warna untuk menghindari kebosanan. Anda bisa melakukan finishing ulang dengan coating atau cat baru pada furnitur kayu atau besi bekas. Metode pengecatan furnitur bisa dengan sistem duco atau pelitur biasa. Anda boleh menggabungkan furnitur lama dengan elemen baru.

Cara ini efektif untuk memperbarui furnitur bekas supaya tampil retro. Misalnya, kursi klasik yang diolah dengan potongan kaki lama berbahan kayu diganti kaki baru dari besi. Juga bisa memanfaatkan furnitur lama sebagai aksesori ruangan. Misalnya, meja nakas diolah menjadi instalasi lampu sudut. Atau, saniter bekas seperti kloset, wastafel, dan bathub yang sayang dibuang bila sistemnya masih bagus. Anda dapat menghilangkan kerak dengan memberi larutan asam klorida atau larutan pembersih lain.

Anda juga bisa memodifikasi saniter lama dengan memainkan konsep interior ruangan. Untuk lantai keramik bekas pada dasarnya dapat Anda gunakan kembali sebagai penutup lantai atau dinding. Daur ulang keramik akan lebih efektif bila berupa pengumpulan pecahan atau kepingan keramik.

Kepingan ini disusun kembali untuk lantai teras rumah. Anda bisa mengolah dan menggunakan tegel lama sebagai penutup lantai teras, ruang makan, atau aksen di ruang keluarga.

Rendra hanggara
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6810 seconds (0.1#10.140)