Meja Elemen Dekoratif Interior

Rabu, 11 Maret 2015 - 11:04 WIB
Meja Elemen Dekoratif Interior
Meja Elemen Dekoratif Interior
A A A
Meja merupakan elemen dekoratif tambahan yang memiliki keterkaitan langsung dengan elemen interior lain. Kadang tampil sebagai pelengkap, namun lebih sering menjadi proporsi utama ruangan.

Bicara tentang penataan interior, tentu tidak lepas dari persoalan bentuk ruang dan elemen interior yang terkait satu sama lain. Harmonisasi antara desain interior dengan elemen pendukung interior dimaksudkan untuk menjaga kestabilan nilai estetika serta karakteristik ruangan.

Salah satu perabot yang dibutuhkan dan sering hadir di dalam ruangan adalah meja. Furnitur yang satu ini tidak hanya berfungsi sebagai media untuk meletakkan aneka aksesori ruang atau pernik, juga berfungsi menciptakan proporsi ruang sehingga memberi kesan suatu ruangan tampak berisi. Beragam bentuk desain dapat diposisikan dalam setiap ruangan, namun semuanya harus disesuaikan dengan tema dan gaya interior serta pemanfaatannya.

Umumnya, desain meja berbentuk persegi dengan siku-siku lancip pada tiap sisinya. Namun, perkembangan desain telah berhasil memberi sentuhan dinamis dan organik pada furnitur ini. “Kini meja tidak tampil konvensional seperti dulu. Tidak melulu tampil bulat dan persegi. Berkat sentuhan modern, banyak meja tampil sangat futuristik dan artistik. Semua bisa dipilih, menyesuaikan dengan karakter ruang serta penempatannya,” sebut desainer interior Susan Octari Yawhan. Begitu pula dengan ukurannya.

Tidak hanya besar dan tinggi, kini banyak meja justru tampil lebih rendah dan kecil, namun tetap fungsional. Materialnya pun semakin beragam. Bukan hanya kayu, tapi ada juga plastik, aluminium, besi, kaca, sampai akrilik. “Dari sisi material, tidak hanya terdiri dari satu jenis. Beragam jenis material terkadang sengaja disatukan dalam satu bentuk desain. Penempatannya pun tidak melulu di tengah ruangan. Kita bisa menempatkan meja di pinggir ruangan untuk mempermanis sudut-sudut ruang atau bahkan koridor kosong penghubung ruangan,” kata Susan.

Beragam jenis meja mulai dari meja konsol, meja tamu, sampai meja makan, semuanya tampil lebih ekspresif. Furnitur ini pun lebih sering dijadikan proporsi utama untuk menunjukkan karakteristik ruangan. Anda dapat memadupadankannya dengan beragam aksesori etnik tambahan. Jadilah mereka elemen manis yang semakin memperkaya konsep interior rumah. Bila Anda ingin memberikan isi di teras, Anda bisa menempatkan bangku taman lengkap dengan mejanya yang terbuat dari bahan alumunium.

Dengan begitu, tampilan teras bergaya minimalis Anda akan terlihat semakin cantik. Untuk teras bergaya klasik, bisa menggunakan meja berbentuk bulat yang terbuat dari material kayu. Bagaimana? Anda tertarik untuk mengaplikasikannya?

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7250 seconds (0.1#10.140)