Rupiah Loyo, Industri Perikanan Malah Untung

Sabtu, 14 Maret 2015 - 11:15 WIB
Rupiah Loyo, Industri Perikanan Malah Untung
Rupiah Loyo, Industri Perikanan Malah Untung
A A A
JAKARTA - Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) ternyata tidak selamanya membuat industri loyo. Pasalnya, industri perikanan justru diuntungkan dengan rupiah yang kian loyo.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Yugi Prayanto‎ mengatakan, keuntungan yang dirasakan industri perikanan akibat pelemahan rupiah ini lantaran industri tersebut berorientasi pada ekspor.

"Sektor perikanan justru diuntungkan (pelemahan rupiah). Karena sektor perikanan kita sebagian besar orientasinya ekspor, semuanya ekspor sehingga ini menguntungkan," tuturnya di Jakarta, Sabtu (14/3/2015).

Dia mengatakan, sektor perikanan saat ini memiliki kandungan lokal (local content) hingga 100%. Artinya, komponen produksi untuk industri ini sebagian besar dibiayai oleh mata uang Garuda, namun pendapatannya didapat dalam bentuk USD.

Menurutnya, kondisi ini juga berlaku untuk sektor lainnya yang memiliki kandungan lokal yang tinggi seperti industri tekstil dan produk tekstil serta industri lain dengan bahan baku yang bisa diperoleh dengan mudah di dalam negeri.

"Kondisi sebaliknya justru merugikan untuk yang banyak impor dan kegiatan industrinya memakai Dolar," pungkasnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8032 seconds (0.1#10.140)