Bank ICBC Tingkatkan Transaksi Renminbi

Selasa, 17 Maret 2015 - 11:06 WIB
Bank ICBC Tingkatkan Transaksi Renminbi
Bank ICBC Tingkatkan Transaksi Renminbi
A A A
JAKARTA - PT Bank ICBC Indonesia akan meningkatkan produk perbankan berbasis renminbi seiring dengan meningkatnya kerja sama bilateral antara Indonesia dan China di berbagai bidang.

Direktur PT Bank ICBC Indonesia Shen Xiaoqi mengatakan, maraknya kerja sama perdagangan antara Indonesia dan China mendorong penggunaan renminbi semakin meningkat.

Pemerintah China saat ini juga terus berupaya menjadikan yuan atau renminbi (RMB) digunakan secara internasional sesuai posisinya sebagai negara ekonomi terbesar kedua di dunia.

Bahkan, beberapa analis memprediksi, yuan akan menjadi pesaing dolar Amerika Serikat (AS) di masa depan.

"Kita telah melihat peningkatan pesat penggunaan RMB untuk pembayaran di seluruh dunia seiring dengan pertumbuhan ekonomi China," kata dia, Selasa (17/3/2015).

Menurutnya, kondisi ini menjadi sinyal yang bagus bagi penggunaan renminbi dalam perdagangan international. Penggunaan mata uang yuan untuk transaksi lintas negara meningkat pesat mencapai USD1,63 triliun pada 2014.

Kondisi ini mendorong PT Bank ICBC Indonesia untuk menggelar seminar sosialisasi renminbi bertema “Opportunities for Indonesia” .

"Sosialiasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada nasabah dan mitra PT Bank ICBC Indonesia mengenai perkembangan renminbi serta manfaatnya bagi para investor, traders dan juga pemerintah Indonesia," tutur dia.

Menurut dia, pihaknya akan terus berupaya dan berinovasi demi memenuhi kebutuhan para nasabah ICBC untuk melancarkan bisnis nasabah, terutama nasabah yang berafiliasi dengan China.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7297 seconds (0.1#10.140)